SMA Negeri 3 Rangkasbitung Gelar Acara Karya P5 Kebinekaan, Siswa Tampilkan Baju Adat

Chanel Banten, Lebak – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Rangkasbitung menggelar acara Karya Proyek Profil Penguatan Pancasila (P5) dengan tema kebinekaan, Selasa 16 September 2023.

Acara berlangsung yang dikuti seluruh siswa kelas 10 itu berlangsung di sekolah setempat. Turut hadir sejumlah tamu undangan dari para Wali murid.

Kepala SMA Negeri 3 Rangkasbitung, Reri Yoselin mengatakan, dalam acara tersebut para siswa mengenalkan pakaian 18 adat se-Indonesia. 

Kegiatan itu juga berupa gelar karya merupakan dasar penilaian dari  kurikulum kebinekaan. Kurikulum kebinekaan setelah kegiatan V5 pada tiap tema harus ada gelar karya yang sesuai dengan tema yang diusung dalam kurikulum kebinekaan.

“Sedangkan gelar karya merupakan puncak kegiatan implementasi kurikulum kebinekaan,” katanya.

Menurut dia, merupakan dasar dari penilaian dari buku kebinekaam, jadi ujungnya siswa akhirnya adalah ada di gelar karya. Dari hasil dari kegiatan-kegiatan selama 2 bulan kemarin ini kemudian dimunculkan dalam gelar karya ini. 

“Salah satu dari penilaian-penilaiannya dari kultur kebinekaan ini merupakan dasarnya ini dalam karya ini jadi hasilnya seperti apa nanti latihan mereka,” sambungnya.

Ada yang dimengerti dan yang sudah menggunakan kurikulum kebinekaan. Jadi jika yang masih kurikulum 13 itu belum ada penilaiannya. Jadi  tidak semua bisa ditampilkan ada dari Sumatera.

Utara Kalimantan Sulawesi Bali Jawa Tengah dan ada beberapa yang kira berapa. Ada kira-kira 18 daerah dari beberapa daerah dan beberapa pulau dari sekolah ini.

“Saya selaku Ibu kepala sekolah SMAN 3 Rangkasbitung, berharap agar siswa bisa menerapkan kegiatan ini,” ucapnya.

(bik/gm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *