Jalan Politik Junaedi Ibnu Jarta Sang Pejuang Masyarakat Adat

Chanel Banten – Pemilu 2024, kembali membuka jalan takdir Junaedi Ibnu Jarta, menjalani karier politik sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten Lebak. 

Pada Pemilu kali ini, Junaedi yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Lebak, memperoleh suara terbanyak yaitu 11.800 suara. 

Junaedi bertarung di Daerah pemilihan (Dapil) 3, meliputi Kecamatan Bojongmanik, Cimarga, Cirinten, Leuwidamar, Muncang dan Sobang. 

Kader terbaik PDI Perjuangan tersebut, selama ini dikenal merupakan sosok yang getol memperjuangkan hak-hak masyarakat adat. Salah satu bukti juangnya, yaitu telah berhasil mengesahkan Peraturan daerah (Perda) Masyarakat Adat Kasepuhan. 

Baca juga: Akibat Kelelahan, Ratusan Anggota KPPS dan Panwas di Lebak Jatuh Sakit 

Ia juga memiliki andil dalam mengawal pengembalian hutan adat masyarakat adat kasepuhan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pria kelahiran tahun 1980 itu, mengawali karier politiknya pada Pemilu tahun 2014. Di awal karier politik di gedung legislatif, ia menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Lebak untuk periode 2014-2019.

Kader partai berprestasi

Jalan politik Junaedi terus berlanjut. Pada Pemilu 2019, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Lebak dan terpilih dengan hasil perolehan suara terbanyak dengan jumlah 11. 490. Dipertengahan masa jabatannya, ia sempat terpilih menjabat Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Lebak mengantikan Plt sebelumnya Nana Sumarna. Kemudian jabatan Ketua DPRD Lebak definitif periode 2021-2024 dijabat M. Agil Zulfikar politis Partai Gerindra.

Junaedi Ibnu Jarta merupakan kader partai yang cukup berprestasi. Ia mengharumkan partai yang telah membesarkannya dan daerah kelahirannya Kabupaten Lebak dengan mendapatkan penghargaan “Anugerah Banten Maju” sebagai Caleg peraih suara terbanyak dari media Banten Pos, Satelit News dan Tangsel Pos. 

Selain itu Junaedi juga pernah menyabet penghargaan sebagai Ketua DPRD terbaik di Provinsi Banten dari 7sky Media Award 2017, dalam acara apresiasi pemimpin pembawa perubahan pemimpin inspiratif 2017.

Baca juga: Gapensi Lebak Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran, Nabil Titip Aspirasi Pedagang Kecil Soal Modal Usaha

“Puji syukur, pada Pemilu 2024 ini, saya kembali diberi amanah oleh rakyat dengan perolehan suara terbanyak. PDIP juga masih dapat mempertahankan 7 kursi, bahkan berpeluang dapat 8 kursi di DPRD Lebak,” kata Jumaedi merupakan lulusan Institute Pertanian Bogor (IPB), saat berbincang dengan Chanel Banten.com, dikediamannya, Kamis 22 Februari 2024.

Rekam jejak Junaedi Ibnu Jarta selama duduk di kursi legislatif cukup cemerlang. Ia terbilang wakil rakyat yang konsen terhadap persoalan kebudayaan dan kelestarian adat kasepuhan salah satu bagian dari kekayaan kearifan lokal di Kabupaten Lebak. 

Konsistensi Junaedi terhadap budaya kearifan lokal tak diragukan lagi. Karena ia juga sempat menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Masyarakat Kasepuhan (MPMK). Perannya dalam organisasi itu, ingin mendorong generasi muda terlibat dalam upaya pelestarian adat sebagai kearifan lokal di Kabupaten Lebak.

“Soal budaya kearifan lokal menjadi konsen saya selama ini. Saya tidak ingin generasi muda sampai kehilangan jati diri akan adar budaya leluhurnya,” ujar pria yang dikenal dekat dengan para jurnalis dan berbagai komunitas masyarakat pejuang sosial itu.

Reporter: Galuh Malpiana
Refrensi; Berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *