Akibat Kelelahan, Ratusan Anggota KPPS dan Panwas di Lebak Jatuh Sakit 

Chanel Banten, Lebak – Ratusan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia pengawas (Panwas) di Kabupaten Lebak, dilaporkan sakit akibat kelelahan pada pemungutan dan penghitungan suara Pemilu, Rabu 14 Februari 2024.

Akibatnya, sejumlah anggota KPPS dan Panwas tersebut harus dilarikan ke fasilitas kesehatan (faskes) Puskesmas terdekat guna mendapatkan perawatan medis. Bahkan, ada pula yang dilarikan ke RSUD dr. Adjidarmo Rangkasbitung.

“Berdasarkan laporan, ada sekitar 266 KPPS dan Panwas yang sakit akibat kelelahan. Mereka kemudian menjalani perawatan di faskes terdekat dan ada pula yang dibawa ke Rumah Sakit,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak dr. Budi Mulyanto, dilansir dari Kabar6.com, Kamis 15 Februari 2024. 

Baca juga: Pemilu 2024, Pemungutan Suara di Lebak Relatif Aman dan Lancar

Ia memperinci, dari 266 orang yang sakit tersebut, 257 orang cukup menjalani rawat jalan oleh tim medis Puskesmas. Sedangkan 8 orang harus dirawat di Puskesmas dan 1 orang dirawat di rumah sakit.

“Sebagian besar keluhannya pusing dan nyeri ulu hati, akibat kelelahan. Kalau yang dirawat di RSUD memang sudah penyakit lama,” ujar Budi yang merupakan Direktur RSUD dr. Adjidarmo tersebut.

Baca juga: Penghitungan Sementara, Prabowo-Gibran Unggul di Kabupaten Lebak dan Pandeglang 

Bahkan, sambung dia, saking banyaknya yang sakit, tidak seluruh anggota KPPS maupun Panwas yang ditangani di Puskesmas. Namun banyak juga yang dirawat lewat tim medis mobile.

“Pada saat proses penghitungan, Puskesmas memang menerjunkan tim medis untuk memonitor kondisi kawan-kawan yang bertugas di TPS. Kita doakan semua baik-baik dan sehat kembali,” katanya.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *