Jejak Juang Politik Yoyon Sujana, Balonbup Trah Rakyat

 

Chanel Banten, Pandeglang – Saya berjuang dan berdiri di kaki sendiri, dan saya juga tak mau diintervensi oleh siapapun. Kalimat sederhana itu disampaikan Yoyon Sujana saat menggelar acara silaturahmi dengan sejumlah wartawan, belum lama ini.

Pada Pilkada 2024 ini, Yoyon politisi partai Demokrat yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Banten mantap untuk maju dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil bupati Pandeglang periode 2024-2029.

Baca juga: Ibunda Yoyon Sujana Bacabup Pandeglang Tutup Usia di RSUD Kota Serang

Yoyon sendiri merupakan anak desa dari keluarga sederhana. Dalam Pilkada 2024 ini ia mengusung tagline #Trah Rakyat, mengingat ia berasal dari keluarga sederhana dari desa. 

Karier politik pertama Yoyon dimulai saat dipercaya masyarakat terpilih menjadi Kepala desa (Kades). Pengalaman Yoyon di dalam birokrasi pemerintah bukan sekadar kaleng-kaleng, ia menjadi Kades sekitar 16 tahun. 

Sejak menjadi Kades, karir politik Yoyon makin melejit. Berbekal tekad dan kepercayaan masyarakat, Ia kemudian melanjutkan karier politik nya sebagai anggota legislatif hingga sekarang ini.

Yoyon yang juga aktif di bidang organisasi kemasyarakat salah satunya salah satu terlibat dalam organisasi TTKDH di Pandeglang. Yoyon juga dikenal dekat dengan seluruh kalangan, salah satunya para ulama, sehingga Yoyon dikenal sebagai sosok nasionalis dan agamis.

Baca juga: Pj. Bupati Gagas Kolaborasi Atasi Stunting, HMI Lebak: Ini Adalah Gagasan Brilian

Pada Pilkada Pandeglang 2024 ini, Yoyon mencalonkan diri sebagai Balonbup. Bahkan, tekad Yoyon menjadi memimpin rakyat Pandeglang terbukti sayang dirinya mencalonkan diri sebagai Calon Bupati pada tahun 2010 silam. Hanya saja saat Pilkada di tahun 2010 itu ia tak lolos masuk ke gedung pendopo karena tidak terpilih.

Dalam menjalankan tugas sebagai Bupati jika terpilih nanti, ia mengaku tak memiliki beban sedikit pun apalagi sampai ada intervensi dari pihak mana pun. Sebab perjalanan politiknya selama ini ia tak pernah bergantung pada orang lain. 

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *