Pembangunan Drainase di Pari Rampung, Kades: Semoga Bermanfaat 

Chanel Banten, Pandeglang – Pemerintah desa (Pemdes) Pari, Kecamatan Pari, Kabupaten Pandeglang, melaksanakan pembangunan drainase sepanjang 93,00 meter. Saat ini pembangunan drainase tersebut sudah rampung.

Pembangunan drainase dengan aanggaran sekitar Rp Rp 18,542.600, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) TA 2023.

Baca juga; Masuk 10 Besar di Pandeglang, Trah Iing Caleg Demokrat Naik Daun di Pemilu 2024

Kepala desa (Kades) Pari, Yadi mengaku bersyukur pembangunan drainase di desanya pembangunanya saat ini sudah rampung. Drainase tersebut dibangun sepanjang 93.00 meter.

“Alhamdulillah proses pembangunannya sudah selesai. Mudah-mudahan adanya drainase ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam mencegahnya banjir,” kata Yadi, kepada Chanel Banten. 

Ia menjelaskan, pembangunan drainase tersebut dilaksanakan secara swakelola dengan proses pembangunan secara bertahap, mulai tahap 1 hingga tahap 3. 

“Pelaksananya dilakukan secara bertahap, karena anngaranya turun secara bertahap,” kata Yadi.

“Ada juga dari anggaran dari Dana Desa (DD). Tujuannya, memberikan pekerjaan kepada masyarakat desa. Untuk itu harus dilakukan secara swakelola,” ujarnya.

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, Jajat berharap, kegiatan pembangunan yang dilakukan secara swakelola ini bisa menumbuhkan sikap gotong-royong diantara masyarakat. 

Baca juga: Girang dapat CSR, Dispora Lebak Gercep Garap Lahan Softball, Sekarang Mangkrak

“Masyarakat juga berperan aktif melakukan pengawasan, sehingga pekerjaanya bisa maksimal,” ujarnya.

Dengan adanya drainase itu, maka diharapkan bisa meningkatkan perekonomian para petani. Sebab, dengan kondisi drainase yang baik bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian. 

“Pembangunan drainase tahun 2023 hasil Musrenbang Desa (MurembangDes) penyusunan APBDes 2022, karena disetiap musim penghujan beberapa rumah selalu terbenam air hujan,” katanya.

Reporter: Ade/Embing
Editor: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *