Jangan Kebangetan Kepo Sama Pasangan, Jika Mau Hubungan Langeng

Chanel Banten, Lifestyle – Perasaan curiga terkadang membuat kita ingin tahu lebih banyak alias kepo terhadap apa yang dilakukan pasangan ketika dia tidak sedang berada bersama kita.

Cara yang dilakukan untuk meluluskan rasa curiga itu, salah satunya dengan cara diam-diam menguntit Handphone (HP) milik pasangan, membuka dan mengecek isi ponsel pasangan.

Baca Juga: Celakalah Saat Emosi Membajak Rasionalitas Kita

Dilansir Chanel Banten.com dari KoranBernas.id, pada Sabtu 25 November 2023. Pakar Neurosains, dr. Roslan Yusni Hasan mengatakan, apabila tidak ingin sakit hati. Maka kebiasaan kepo semacam itu sebaiknya dihilangkan dan dihentikan.

“Ada saja yang suka buka ponsel milik pasangan. Cek sana cek sini. Apa dia siap sakit hati kalau tahu isi ponsel pasangannya?. Sudah jangan usil, nanti kalau tahu malah marah. Padahal, pasangan kita tidak ngasih tahu justru mungkin khawatir kita marah,” kata dr. Roslan yang akrab disapa Ryu Hasan dalam acara Talkshow bertajuk “Cedera Otak Berat Akibat Trauma Patah Cinta”, yang digelar AA Creative di Sleman, pada Jumat 14 Februari 2020 silam.

Menurut dr. Ryu, masyarakat seringkali bersikap rese, usil dan selalu ingin tahu apapun yang dilakukan pasangan. Padahal menurutnya, hubungan suami istri, hubungan dengan pacar dan lain sebagainya, perlu terus dilatih. 

“Selain dengan mengembangkan kecerdasan emosi, latihan ini juga penting untuk mengembangkan kecerdasan sosial,” ujarnya.

Baca Juga: Oknum Kosipa Sita Gerobak Bakso Milik Nasabah Karena Telat Bayar Utang

“Selain itu, sebagai individu, setiap orang juga harus belajar untuk menghargai wilayah private orang lain, sekalipun itu pasangan kita,” ujarnya.

Ryu mengatakan, jangan membiasakan emosi melanggar dan membajak rasionalitas. Itu akan berbahaya. Selain itu,  jangan pula selalu mempersoalkan masa lalu. 

“Mengapa, karena setiap orang mempunyai masa lalu. Entah yang baik atau yang buruk. Akan lebih baik fokus dengan masa sekarang dan masa depan,” kata Ryu.


[Galuh Malpiana]
Editor: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *