Lakukan 5 Tips Ini Tiap Pagi Hari, Rasakan Manfaatnya 

Chanel Banten, Lifestyle – Umumnya, saat mengawali pagi hari sebagian besar orang hanya akan melakukan sejumlah aktivitas kecil untuk meningkatkan energi. 

Aktivitas yang dipilh itu biasanya dengan cara minum kopi atau teh. Hal itu sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar orang, karena kopi maupun teh mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan stamina tubuh. 

Namun bagaimana jika Anda yang tak suka minuman teh dan kopi. Tapi jangan khawatir, ternyata masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan energi di pagi hari.

Lantas, bagaiamana cara meningkatkan energi di pagi hari tanpa harus minum kopi dan teh. Simak 5 tips yang Chanel Banten kutip dari laman Alodokter.com berikut ini. 

1. Bangun 15 menit lebih awal

Bangun tidur dengan kondisi terburu-buru bisa membuat energimu terkuras, karena harus melakukan semua persiapan pagi hari dengan cepat. 

Untuk menghindari hal ini, biasakan bangun 15 menit lebih awal mulai sekarang. Sebab, bangun tidur lebih awal akan membuatmu punya waktu lebih untuk mempersiapkan semua kebutuhan di pagi hari tanpa tergesa gesa. 

2. Minum air putih

Tidur semalaman tetap akan menguras cairan tubuhmu. Oleh karena itu, biasakanlah untuk segera minum air putih setelah bangun tidur. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air putih, baik yang hangat maupun dingin, setelah bangun tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan energi di pagi hari.

3. Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan atau sekadar jalan santai di pagi hari akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol serta memproduksi hormon endorphin yang membuatmu lebih berenergi.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga ringan di pagi hari juga bisa membuatmu lebih mudah dan lebih nyenyak tidur di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa bangun dengan perasaan lebih segar dan berenergi.

4. Hibur diri sejenak

Sebelum memulai aktivitas, tidak ada salahnya menghibur diri sejenak dengan mendengarkan lagu favorit atau mengobrol santai dengan anggota keluarga. Menghibur diri sejenak di pagi hari akan membuatmu lebih relaks dan lebih siap untuk beraktivitas.

5. Sarapan

Sesibuk apa pun, kamu tetap tidak boleh melewatkan sarapan, ya. Setidaknya ada dua manfaat yang bisa kamu peroleh dari rutin sarapan, yaitu memberikan energi untuk beraktivitas dan mengurangi stres.

Akan tetapi, ingat, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus mengonsumsi jenis makanan sehat, misalnya nasi, roti, gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat lainnya, termasuk membatasi konsumsi alkohol, tidak merokok, dan menjaga kebersihan diri.

Nah, semoga setelah melakukan berbagai cara di atas, kamu bisa merasa lebih berenergi di pagi hari dan lebih semangat untuk memulai berbagai aktivitas. Namun, jika cara-cara tersebut masih tidak berhasil, kamu bisa berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan solusi yang tepat.

Reporter: Galuh Malpiana

Sumber: Alodokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *