Penampakan Kuliner Mi Ini Sering Dikira Sama, Ternyata Berbeda! 

Chanel Banten, Lifestyle – Mi apa, mi ayam. Bagi kaum milenial, pasti sudah hapal candaan itu, karena sering di dengar dalam pergaulan keseharian. 

Namun, kita bukan mau membahas soal candaan itu, yang bakal kita bahas yaitu soal perbedaan mi ayam dengan bakmi. Namanya memang beda, tapi penampakan kedua sosok kuliner itu terkadang sering dikira sama.

Baca juga: Ranca Lentah Balong, Potensi Wisata Tak Tergali di Pelupuk Mata

Mau tahu, apa sih perbedaan antara mi ayam dan bakmi?. Berikut ulasan yang Chanel Banten.com olah dari berbagai sumber.

Yu simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Mi ayam

Mi ayam merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Indonesia. Hampir di setiap kota sampai pelosok dari gerobakan hingga kios banyak yang menjajakan kuliner tersebut. 

Ciri khas dari mi ayam terletak pada bentuk mi yang berukuran kecil, namun dibeberapa daerah ada juga yang berbentuk sedikit tebal.

Sesuai namanya, mi ayam tentu disajikan dengan topping ayam potongan kecil-kecil. Tak ketinggalan dengan sayuran berupa daun sawi dengan taburan sedikit kuah.

Topping potongan ayam itu biasa dibumbui dengan rempah berwarna kuning dengan tambahan kecap sehingga nampak berwarna kecoklatan. Namun ada pula rempah yang berwarna kuning seperti warna kunyit.

Bakmi

Jika melihat penampakan sosok mi-nya, sekilas tidak akan berbeda dengan mi ayam. Namun, perbedaan mencolok antara mi ayam dan bakmi akan terlihat dari penyajiannya.

Bakmi yang merupakan kuliner khas oriental yang berasal dari daratan Tiongkok itu, disajikan dengan kuah kaldu yang dipisah. Namun ada kuah kaldunya juga yang dicampur alias ditungkan langsung. 

Perbedaan lain, mi dalam bakmi biasanya sebelum disajikan dibumbui dengan lada, garam, penyedap rasa dan kecap asin. 

Baca juga: Mau, Motret Iseng Tapi Hasilkan Cuan, Coba Pakai Cara Ini

Hal berbeda yang lebih mencolok, bakmi biasanya diberi topping yang berbeda-beda, seperti ayam kecap, ayam rebus, daging babi dan lainnya. 

Bahkan ayam kecap pada bakmi berbeda dengan mi ayam. Jika pada mi ayam menggunakan bumbu rempah kuning, ayam bakmi pakai bumbu lebih sederhana. Itu bisa dilihat dari warna daging ayam yang lebih pucat dibanding topping ayam kecap yang ada pada mi ayam.

Berikut perbedaan antara kuliner mi ayam dan bakmi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Reporter: Rizky Anhari
Editor: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *