Mengurai Pikiran dan Daya Juang Hasbi untuk Kemajuan Lebak

Chanel Banten – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan merupakan rumah pertama bagi Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengawali kariernya di dunia politik praktis.

Melalui rumah Banteng itulah Hasbi anak dari mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya berhasil melangkah ke Senayan terpilih sebagai anggota DPR RI dua periode 2014-2019 dan periode 2019-20124 komisi VIIl dan II . Di komisi VIII Hasbi membidangi bidang agama, sosial dan pemberdayaan perempuan.

Baca juga: Visi Misi di PKB: Hasbi Sebut Miliki Formula Soal Problem Akses Pendidikan Warga Miskin

Sebelum terjun ke dunia politik, Hasbi sebelumnya merupakan seorang pengusaha. Ia juga sempat aktif dalam sebuah organisasi kemasyarakatan maupun kepemudaan.

Pada Pemilu 2024 lalu, Hasbi kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI, namun ia mengalami kelalahan. Kemudian atas restu orang tuanya yaitu Mulyadi Jayabaya Hasbi mencalonkan diri sebagai calon Bupati Lebak pada Pilkada 2024. 

Partai pertama yang didatangi untuk mendaftar sebagai calon Bupati yaitu PDI Perjuangan, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nasional Demokrat (NasDem). 

Kiprah di DPR RI 

Selama menjabat di Senayan, suami dari Bellia Febrianti ini lantang menolak soal kenaikan biaya haji di tahun 2023. Ia beralasan kenaikan biaya haji tidak rasional dan memberatkan. 

Hasbi yang di dapilnya memiliki rumah aspirasi yang diberikan nama Rumah Aspirasi Moch Hasbi Jayabaya (MHJB) di Desa Kaduagung Timur, Cibadak itu juga getol mengkampanyekan upaya pencegahan dan perlawanan terhadap pelaku kekerasan seksual. Ia mengajak para korban untuk berani melapor ke Aparat Penegak Hukum (APH).

Hasbi juga sangat geram dengan para oknum pendamping PKH yang melakukan pungli terhadap penerima bantuan. Hingga saat ini Hasbi sudah banyak mendorong bantuan sosial ke daerah pemilihannya. 

Sebagai sosok nasionalis dan relegiius, Hasbi juga sangat peduli terhadap toleransi dalam beragama. Ia ingin memastikan bahwa semua pemeluk agama mendapat haknya sebagai warga negara yang dilindungi konstitusi.

Pikiran-pikiran Hasbi

Dalam kontestasi Pilkada 2024, Hasbi juga sudah menuangkan pikiran-pikirannya untuk kemajuan daerah Kabupaten Lebak yang ia tuangkan dalam visi misi. 

Visi tersebut adalah soal kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan pengembangan potensi pertanian dan pariwisata. 

Baca juga: Pj. Bupati Gagas Kolaborasi Atasi Stunting, HMI Lebak: Ini Adalah Gagasan Brilian

Sedangkan pikirannya tentang misi dalam pencalonan Bupati yaitu soal percepatan infrastruktur jalan kesehatan dan pendidikan, peningkatan ekonomi melalui pengembangan wisata, mengingkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian dan perikanan.

Selain itu membangun sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan prinsip good govermance.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *