Demo Saat Pelantikan Dewan di Lebak, Mahasiswa: Dewan jangan jadi Kacung Eksekutif 

Chanel Banten – Puluhan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebak terpilih pada Pileg 2024, dilantik. Prosesi pelantikan berlangsung di Gedung DPRD setempat, Rabu 28 Agustus 2024. 

Sementara diluar jalannya proses pelantikan, sejumlah mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa. Mereka menekankan agar para anggota legislatif tak lupa melaksanakan visi misinya.

Baca juga: Sepekan Ini, Polisi Berhasil Bekuk 3 Terduga Pengedar Sabu di Lebak 

Jika tak mampu menepati janjinya saat kampanye, maka mereka harus berani mundur dari kursi jabatan dewan tersebut. Dewan juga harus menjadi aspirator rakyat, bukan malah menjadi kacung pemerintah atau eksekutif.

“Dewan baru harus berani menyuarakan aspirasi rakyat, jangan hanya jadi kacung dan menurut saja pada pemerintah yang saat ini masih dikuasai Dinasti,” kata salah satu pendemo. 

Dalam aksi unjuk rasa mengangkat isu “DPRD dilantik Rakyat Tercekik” itu, pendemo juga menyampaikan sejumlah isu lainnya, diantaranya soal agraria.Sekadar informasi, anggota DPRD Lebak yang dilantik berjumlah sebanyak 50 orang. Dari 50 anggota DPRD, sebanyak 32 orang merupakan wakil rakyat dari wajah baru. 

Baca juga: Parah, Oknum Anggota Dewan Ini Diduga Intervensi Program di OPD untuk Alat Politik
Dari pantauan awak media, aksi unjuk rasa sempat ricuh karena pendemo terlibat aksi saling dorong dengan aparat kepolisian yang melakukan pengamanan. 

Massa juga melakukan aksi bakar ban serta karangan bunga ucapan selamat para anggota dewan, yang terpasang di depan galian kantor DPRD. Setelah berorasi massa kemudian membubarkan diri. 

Penulis: Riko l Editor: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *