Elektabilitas Tinggi, Hasbi Mantap Maju di Pikada Lebak 2024, Kandidat Lain Masih Malu-malu

Chanel Banten, Lebak – Konstelasi politik jelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lebak 2024, makin dinamis dengan terus bermunculannya sejumlah kandidat calon. 

Namun dari sekian banyak kandidat calon yang sebelumnya banyak bermunculan, Moch. Hasbi Jayabaya sepertinya yang sudah mantap maju di Pilbup mendatang.

Sedangkan calon lain seperti masih malu-malu, karena belum mengumumkan secara pasti akan maju dalam bursa Pilkada sebagai kandidat calon. 

Baca juga: Oong Syahroni Calon Terkuat di Gerindra Maju di Pilkada 2024

Sedangkan, Hasbi sudah banyak memunculkan spanduk atau yang secara tegas menulis keterangan sebagai bakal calon Bupati. Meski demikian masih ada beberapa kandidat lain yang sudah memasang spanduk atau baleho serpu, salah satunya Iip Makmur. 

Di trah Mulyadi Jayabaya (JB), figur kandidat calon yang akan maju dalam bursa Pilkada 2024 sebelumnya memang masih teka-teki. Sebab, sebelumnya dua figur dari trah JB yang digadang-gadang bakal maju adalah Moch. Nabil Jayabaya (MNJB) dan Moch. Hasbi Jayabaya (MHJB). 

Namun pertanyaan itu kini, terjawab. Km 7 Warunggunung akhirnya menetapkan Hasbi Jayabaya maju bertarung di Pilkada nanti.  Pertimbangan Hasbi yang merupakan mantan Anggota DPRD RI maju di Pilkada nanti, karena ia diklaim memiliki elektabilitas yang tinggi.

Keputusan Hasbi mantap maju dalam Pilkada 2024, mengaung menjelang akhir Ramadan lalu, di hadapan puluhan anggota DPRD Lebak,

Secara tegas, tokoh pembangunan Lebak Mulyadi Jayabaya atau yang akrab disapa JB menyampaikan keputusannya untuk mendorong Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya maju pada Pilkada yang akan digelar November 2024.

Alasan dipilihnya Hasbi maju dalam Pilkada nanti, karena elektabilitas Hasbi berdasarkan hasil survei dengan mengandeng Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Hasbi lebih tinggi dibandingkan dengan calon lain.

“Untuk bakal calon Bupati Lebak Hasbi. Hasil surveinya cukup tinggi,” kata JB pada awak media, belum lama ini.

All Out Dukung Hasbi

Ketua Gapensi Lebak, Moch Nabil Jayabaya yang merupakan adik dari Hasbi Jayabaya secara tegas menyatakan akan all out memenangkan Hasbi Jayabaya (Kakaknya) di Pilkada 2024.

Hal itu ia sampaikan sambutan diacara halal bihalal Gapensi Lebak dikediamannya di Mutiara, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Kamis 18 April 2024.

Acara tersebut juga turut dihadiri tim sukses Hasbi Jayabaya dari rumah aspirasi tersebut, Nabil pun mengajak seluruh pengurus Gapensi Lebak berserta anggotanya untuk bersama-sama berjuang memenangkan Hasbi di Pilkada tahun ini.

“Memang diluar banyak tersiar kabar, kalau saya akan maju di Pilkada Lebak. Hari ini saya tegaskan bahwa saya tidak maju di Pilkada tetapi justru akan all out mendukung Kaka saya (Hasbi) yang akan maju di Pilkada Lebak,” ujar Nabil.

Jalin komunikasi politik 

Sementara, menurut informasi sejumlah partai di Kabupaten Lebak hingga kini masih terus intens menjalani komunikasi politik.

Menurut Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lebak, Iip Makmur partai hingga kini belum menetapkan siapa calon yang bakal diusung. Namun demikian partai tersebut sudah mengantongi 4 (empat) kandidat calon potensial, baik internal maupun eksternal. 

Baca juga: Pilkada Lebak 2024: NasDem Lebak Kantongi Calon Kandidat Potensial, 7 Nama Dilirik

Dari empat calon, terdapat nama Hasbi Jayabaya dari eksternal. Sedangkan. dari Internal kandidat potensial yang menonjol adalah Iip Makmur. Iip yang merupakan Anggota DPRD Banten itu digadang-gadang agar maju di Pilkada Lebak nanti.

Untuk Partai Nasional Demokrat atau NasDem Kabupaten Lebak, Ketua DPD NasDem Lebak, Dedi Junaedi menyebut hingga kini masih belum memutuskan kandidat calon. Namun partainya sudah mengantongi 7 nama kandidat calon. Meski demikian partai tersebut sedang melakukan komunikasi politik dengan partai lain serta mempersiapkan proses penjaringan kandidat calon. 

Begitu juga dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan. Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Lebak, Junaedi Ibnu Jarta menyebut soal kandidat calon di Pilkada pihaknya masih menunggu arahan dari DPP PDI Perjuangan pusat. 

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *