Begini Penampakan Siklus Matahari di Planet Mars yang Terekam NASA

Chanel Banten, Jakarta – Kabar terbaru dari dunia antariksa. Belum lama ini, Badan luar angkasa Amerika Serikat (NASA) berhasil merekam siklus matahari di planet Mars.

Siklus matahari di planet Mars berhasil terkam pada 8 November 2023 lalu oleh rover Mars Curiosity milik NASA. Rober Mars Curiosty NASA merekam dua video hitam putih yang menunjukkan satu hari di Mars, dari fajar hingga senja.

Baca juga; Di Negara Ini Warga Dilarang Gemuk dan Meninggal Dunia

Teknologi ini menggunakan kamera anti bahaya hitam putih atau Hazcams. Rover tersebut merekam bayangan sendiri yang berpindah-pindah di permukaan Mars. 

Melansir Techexplorist, pada Rabu 3 Januari 2024, sebelum konjungsi matahari di Mars, posisinya menghalangi komunikasi radio. Kemudian, Curiosity menerima perintah untuk merekam video. 

Baca juga: Google Rayakan Ulang Tahun ke-25, Ini Sejarah Singkatnya  

Tim biasanya menggunakan Hazcams untuk navigasi, namun kali ini memanfaatkannya untuk merekam gambar berdurasi 12 jam dengan tujuan mengamati awan atau puting beliung debu dan mendapatkan wawasan tentang cuaca Mars. 

Inisiatif ini unik karena aktivitas Rover sengaja dibatasi selama periode konjungsi. Meskipun komunikasi berkurang, pemeriksaan rutin tetap dipertahankan sepanjang konjungsi.

Reporter: Galuh Malpiana
Sumber: SINDOnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *