Diduga Disusupi Kampanye Terselubung, Panwaslu Awasi Acara Penyuluhan Kemenag di Pandeglang 

Chanel Banten, Pandeglang – Kegiatan penyuluh agama Islam yang dilaksanakan Dirjen Bimas Kemenag RI di Hotel Wira, Carita, Kabupaten Pandeglang, diduga disusupi Kampanye terselubung mendukung salah satu Calon legislatif DPR RI, pada Sabtu 2 Desember 2023. 

Pasalnya, kegiatan tersebut dihadiri salah satu Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Banten 1, Abdul Rohman, yang juga sebagai Staf khusus Kemenag RI.

Hal itu disampaikan Tabrani Kemal, salah satu aktivis Badan Pemantauan Pembangunan Provinsi Banten (BP3B) Kordinator Bidang Politik dan Hukum. Ia menduga ada kampanye terselubung yang dilakukan Direktur Jendral Bimas Islam Kemenag RI, dengan adanya salah satu Caleg DPR RI di acara tersebut.

“Kami mensinyalir adanya kampanye terselubung di Kemenag untuk mendiskusikan dan mendukung salah satu caleg DPR RI yang menjabat staf khusus Kemenag RI diacara itu,” ungkap Tabrani Kemal kepada media, yang saat itu ikut memantau acara di Hotel Wira Carita tersebut.

Dikatakannya, bahwa dalam kegiatan itu juga diawasi oleh pengawas pemilu di wilayah Kecamatan Carita.

“Kalau tidak salah lihat dilokasi acara juga ada pengawasan dari Panwascam ko, silahkan tanya ke Panwas langsung,” katanya singkat.

Ditempat terpisah, Ketua Panwaslu Kecamatan Carita, Julyana mengatakan, bahwa pengawasan ini dilakukan melekat kepada peserta Pemilihan umum (Pemilu). Apalagi kegiatan ini dilaksanakan dan dibiayai oleh pemerintah dalam hal ini Kemenag yang dihadiri 328 orang penyuluh di Pandeglang dan Lebak.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya potensi pelanggaran Pemilu saat masa kampanye berlangsung, khususnya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN),” ungkap Julyana.

Dikatakan Julyana, bahwa pihaknya telah menyerahkan surat imbauan netralitas ASN kepada seluruh pihak terkait di Kecamatan Carita diantaranya Camat dan jajarannya, Korwil Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Kepala Desa serta perangkatnya.

“Kita sudah mengeluarkan surat himbauan kepada ASN di  wilayah Kecamatan Carita melalui instansi terkait agar menjaga netralitas pada Pemilu 2024,” katanya.

Pengawasan melekat, lanjutnya, akan terus dilakukan pada kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan potensi pelanggaran pada saat masa kampanye berlangsung. Hal ini untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Kami juga akan membuat laporan ada dan tidak ada pengaduan dari masyarakat adanya keterlibatan ASN dalam acara di lingkungan Kemenag RI jika ada unsur pelanggaran,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, kegiatan ini turut diawasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Carita, Polsek Carita, dan unsur media. 

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, H.Amin saat dikonfirmasi wartawan, tidak memberikan komentar terkait adanya dugaan kampanye terselubung tersebut.

Reporter: Galuh Malpiana
Editor: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *