Sah, RT dan RW di Desa Cikatapis Dilantik, Camat: Harus Ikut Berinovasi 

Chanel Banten, Lebak –  Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) serta Sekretaris jabatan periode 2024-2029 di Desa Cikatapis, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten dilantik. Prosesi pelantikan berlangsung di halaman kantor desa setempat, Rabu 22 November 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Kalanganyar, Bayu Hardiana Tranggono, Kepala desa (Kades) Cikatapis, Aat Artilah, perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD, tokoh pemuda serta unsur masyarakat lainnya.

Camat Kalanganyar, Bayu Hadian Tranggono menyampaikan, RT dan RW merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah desa. Karenanya, RW dan RT harus turut ikut berperan, dan juga turut memberikan informasi terhadap desa.

“Amanah dari masyarakat tentu harus dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata Bayu yang merupakan lulusan STPDN tersebut dalam sambutannya. 

Sebagai kepanjangan dari pemerintah desa, sambung dia, RT dan RW harus menjaga kerukunan dan menjaga adat istiadat di masyarakat. 

“Jika ada perselisihan di masyarakat cepat respon dan selesaikan. Jangan sampai meruncing agar kondusif wilayah tetap terjaga,” katanya.

“Termasuk ikut berperan juga memberikan pemahaman pada masyarakat agar bijak dalam menggunakan gadget di era digital seperti sekarang ini,” ujarnya.

Pengelolaan sampah

Camat melanjutkan RT dan RW harus ikut berinovasi, misalnya dengan mengelola sampah. Karena sampah jika dikelola dengan baik bisa membawa dampak baik terhadap perekonomian masyarakat.

“Pengelolaan sampah sangat potensial menambah penghasilan masyarakat jika dikelola. Program ya bisa dengan budidaya magot dan arisan sampah,” katanya. 

Terkait hal itu, pihak Kecamatan tentu sangat mendukung. Untuk mengimplementasikannya silakan koordinasi dengan pihak kecamatan atau pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

“Nanti untuk mengimplementasikan silahkan konsultasikan dengan kami (Kecamatan) atau pihak DPMD,” ujarnya.

Sementara, Kades Cikatapis, Aat Artilah mengapresiasi pelaksanaan pemilihan RT dan RW berjalan secara demokratis serta kondusif. Ia berharap RT dan RW nantinya bisa berkolaborasi baik dengan desa.

“Mari kita berkolaborasi untuk membangun desa bersama-sama,” katanya.

Terpisah, Ketua RW 002 Kampung Angsana, Japra mengatakan, siap berkolaborasi dengan pihak desa dalam upaya membangun desa.

“Siap bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak desa,” katanya.

[Muhammad Ubik]
Editor: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *