Miliki Stok 10 Ribu Ton, Bulog Lebak-Pandeglang Pastikan Stok Beras Program Ketahanan Pangan Aman

Chanel Banten, Pandeglang – Perum Bulog Kancab Lebak-Pandeglang telah menyediakan stok beras sebanyak 10.000 ton untuk memenuhi kebutuhan berbagai program ketahanan pangan pemerintah. Bulog memastikan stok atau cadangan beras untuk kebutuhan masyarakat aman dan terpenuhi.

Kepala Perum Bulog Kancab Lebak-Pandeglang, Umar mengatakan, stok beras yang ada di Gudang Bulog saat ini siap untuk memenuhi kebutuhan berbagai program ketahanan pangan pemerintah, sebagaimana penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas),diantaranya Bantuan Pangan Beras, Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan stok Bencana Alam.

“Kami telah merealisasikan penjualan beras SPHP sebanyak 3.800 ton melalui 50 kios yang berada di pasar-pasar tradisional dan 300 kios lainnya tersebar di luar pasar untuk dijual ke masyarakat maksimal seharga HET Rp10.900 per kilogram,” ujar Umar dalam keterangan tertulis yang diterima Chanel Banten, Selasa 3 Oktober 2023.

Alokasi Bulan Oktober

Menurut dia, Bulog selaku penyedia beras program Bantuan Pangan memastikan beras medium yang ada di Gudang Bulog saat ini sudah siap disalurkan oleh PT Pos Indonesia untuk alokasi Oktober. Dalam pendistribusiannya, PT Pos Indonesia bertanggungjawab penuh untuk menyalurkan beras dari gudang layanan Bulog sampai ke Dropping Point (titik penyerahan) sampai dengan ke KPM.

“Sekali lagi, kami membutuhkan dukungan dari semua stakeholder baik dari pemerintah, aparat penegak hukum, aparat desa maupun elemen masyarakat,” ujar Umar. 

Sementara, sebagaimana yang ditekankan Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah pada saat melakukan pemantauan penyaluran beras di wilayah Pandeglang. Kapolres menyampaikan pentingnya kerjasama antar-instansi dan peran semua pihak dalam menjaga kelancaran penyaluran bantuan beras tersebut.

 “Dalam situasi seperti ini, sinergi dan koordinasi yang baik menjadi kunci keberhasilan,” terangnya.

Pada Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Forkompimda, PT Pos Indonesia dan Bulog, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lebak, Nana Sunjana menyampaikan bahwa penyaluran Bantuan Pangan saat ini sangat tepat dikarenakan bertujuan untuk membantu masyarakat, mengatasi kenaikan harga beras sekaligus mengisi stok di masyarakat akibat produksi padi yang telah menurun karena perubahan iklim dan cuaca.

Beberapa warga yang ditemui saat pembagian bantuan pangan beras pun merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. “Sangat membantu, karena beras di pasar sekarang lagi mahal, semoga bisa ada seterusnya,” ujar Umiyati, warga kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang ketika ditanyai harapan dari program ini.

“Perasaan saya bahagia,” tukas Nuraini, warga lain di Kaduhejo Pandeglang. 

(gm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *