Pilkada Pandeglang 2024, Cabup Diprediksi Bakal Diramaikan Figur Wajah Baru 

Chanel Banten, Lebak – Pemilu tahun 2024 telah usai. Kini perhatian publik mulai teralihkan pada konstelasi politik Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pandeglang, yang bakal digelar November 2024 mendatang. 

Sejumlah figur pun kini mulai bermunculan, namun figur kebanyakan merupakan wajah baru. Mereka diprediksi akan meramaikan bursa Pilkada.

Hal itu berdasarkan prediksi dari berbagai pengamat politik dari kalangan akademisi di Kabupaten Pandeglang, menjelang Pilkada 2024.

Baca juga: Bahas Kondisi Pasca Pemilu dengan Staf Kepresidenan, Arwan Roasting Sirekap, Endors E-voting 

Sejumlah nama figur baru itu dinilai layak dan berkapasitas untuk menjadi calon Bupati Pandeglang, November 2024 mendatang.

Seorang akademisi dari Universitas Mathla’ul Anwar Pusat Said Ariyan menilai, beberapa figur muda yang enerjik diantaranya muncul nama Risya Azzahra Rahimah Natakusumah.

Risya yang merupakan putri dari Dimyati  Natakusumah anggota DPR RI dan Irna Narulita Bupati Pandeglang tercatat sebagai caleg DPR RI dari Partai PKB. Dalam Pileg kemarin Risya meraih suara cukup tinggi di Pandeglang, meski raihan suaranya masih sementara. 

“Iya, saya memprediksi Risya akan maju sebagai calon Bupati Pandeglang 2024. Selain memiliki kekuatan jaringan kuat, ia juga ditopang dari eksekutif dan dia juga populer di kalangan masyarakat,” kata Said kepada awak media, Kamis 25 Februari 2024.

Keluarga petahana

Namun demikian,  terlepas Risya itu dari keluarga petahana, namun pada Pilkada 2024 ini beliau masuk wajah baru pada Pilkada Pandeglang yang memiliki peluang untuk maju sebagai calon bupati Pandeglang.

Selain nama Risya juga muncul figur Fitron Nur Ikhsan dari Partai Golkar. Fitron sudah mendapat rekom dari Golkar untuk maju sebagai calon bupati Pandeglang. 

“Iya, Fitron juga sebagai caleg DPRD Banten dari Golkar dapil Banten 11 Pandeglang,” ujar Said Ariyan.

Sementara, ada satu figur baru yakni Rifky Hermiansyah yang merupakan caleg DPRD Banten dari partai Gerindra. Rifky yang merupakan wajah baru juga diprediksi akan maju dalam bursa Pilkada Pandeglang 2024.

Baca juga; Kasus Dugaan 15 Badak Hilang di TNUK Pandeglang Masih Misteri

“Iya, Pemilu Pilkada Pandeglang akan lebih menarik karena para kontestannya dari wajah baru semua,” katanya.

Pemilih militan

Menurut Said Ariyan dalam kontestasi Pilkada Pandeglang para pemilih akan lebih militansi, karena  memiliki kedekatan dan mengenali  figur calon bupati. 

Selain itu untuk partai pengusung dalam Pilkada juga tidak akan linier dengan koalisi Pilpres. Kenapa demikian, sebab Pilkada partai pengusung akan  lebih merapat dengan melihat figur dan kekuatan jaringan. 

“Saya melihat setiap partai pengusung masing-masing memetakan figur yang diprediksi targetnya menang,” ujarnya.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *