Ngaco! PT Pos Drop Beras Bansos di Kantor Kecamatan, Bukan ke Titik Distribusi

Chanel Banten, Lebak – Penyaluran program Bantuan Sosial (Bansos) Beras  di Kecamatan Warunggung, Kabupaten Lebak, Banten menyisakan persoalan. 

Pasalnya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus mengambil langsung beras Bansos 10 Kilogram ke kantor Kecamatan. Akibatnya KPM harus menanggung rugi.

Dalam pendistribusian beras itu, PT Pos juga diduga tidak melaksanakan petunjuk teknis (Juknis) Standar Operasional atau SOP. Selain itu dalam isi Junkis itu juga tidak terdapat kesephaman.

Informasi yang dihimpun, beberapa waktu lalu, beras Bansos oleh PT Pos di drop di kantor kecamatan untuk disalurkan ke KPM. Seharusnya penyaluran beras dilakukan di titik distribusi domisili masing-masing KPM di tiap desa.

Hal itu diakui, Camat Warunggunung, Apip. Ia mengaku penyaluran beras Bansos memang dilaksanakan di kantor kecamatan. Itu terjadi karena ia menilai juknis SOP proses pendistribusian bantuan beras oleh pihak PT Pos tak jelas atau tidak ada kesepqhaman antara kecamatan dan desa.

“Kita sudah sampaikan ke Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Sosial (Dinsos) dan dinas terkait lainnya soal ketidak sepahaman tentang Juknis pendistribusian bansos itu. Surat resmi sudah kami layangkan ke DKP,” katanya.

Hanya saja Camat enggan mempublikasikan skrip surat ketidak kesapahaman soal SOP Juknis pendistribusian beras Bansos itu ke pihak media. 

Bahan evaluasi

Menurut dia, dalam Junkis itu belum tertulis secara jelas tugas dan pungsi (Tupoksi), keterlibatan pihak kecamatan dan desa dalam soal pendistribusian beras tersebut. Sehingga ini harus menjadi bahan evalusasi dari pihak dinas terkait.

“Padahal ini, kan ranah tangung jawab proses pendistribusiannya antara pihak Bulog dan PT Pos. Sehingga ini lah yang membuat ketidak kesepahaman itu,” ujarnya.

Dalam Intruksi Bupati sendiri, kata dia, soal pendistribusian beras Bansos, pihak desa dan kecamatan hanya sebatas mengakomodir dan memfasilitasi saja. 

“Ini yang harus diperjelas. Tapi secara umum proses pendistribusian sudah selesai dilaksanakan,” katanya.

Terpisah Kepala Cabang Pembantu (KCP) PT Warunggung, Lani Ruslani mengaku tidak mengetahui soal teknis pendistribusian beras bansos tersebut.

“Kalau mau lengkapnya silahlan ke Kantor Pos Rangkasbitung aja pa,” katanya.

(gm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *