Kenali Gejala Depresi, Jangan Disepelekan! bisa Picu Bunuh Diri

Chanel Banten, Lifestyle – Baru-baru ini, di Kabupaten Lebak, Banten terjadi kasus seorang warga melakukan bunuh diri. Pemicunya diduga akibat depresi.

Dari catatan redaksi, dalam beberapa bulan terakhir masih ada beberapa kasus bunuh diri lainnya. Penyebab diduga karena depresi.

Dugaan depresi jadi penyebab bunuh diri bisa jadi benar. Pasalnya, menurut World Health Organisasion (WHO), seperti dikutip Chanel Banten dari laman yankes.kemenkes.go.id, Sabtu 23 September 3023. Bunuh diri menurut WHO, menjadi isu kesehatan masyarakat yang sangat serius saat ini. 

Baca juga; Biaya Rp 291 Ribu Bisa Liburan ke Bali? Begini Tips Ala Aji Permana Pengiat Wisata

Pada tahun 2019, sekitar 800.000 orang meninggal akibat bunuh diri per tahun, di dunia. Angka bunuh diri lebih tinggi pada usia muda. Di Asia Tenggara, angka bunuh diri tertinggi terdapat di Thailand yaitu 12.9 (per 100.000 populasi). Sedangkan di Indonesia  (3.7).

Perilaku bunuh diri (ide bunuh diri, rencana bunuh diri, dan tindakan bunuh diri) dikaitkan dengan berbagai gangguan jiwa, misalnya gangguan depresi. Gejala depresi, misalnya merasa tidak berguna, tidak ada harapan atau putus asa merupakan faktor risiko bunuh diri. Parahnya, sebanyak 55 persen orang dengan depresi memiliki ide bunuh diri. 

Depresi bisa diatasi

Dilansir dari laman unicef.or/indonesia, siapa pun yang sedang mengalami depresi umumnya akan kesulitan merasa optimis. Kabar baiknya, depresi bisa diatasi. Bahkan, depresi yang bisa berujung pada tindak bunuh diri bisa dicegah dengan dukungan yang tepat.

Baca juga; Sekarang Cuaca Panas Banget, Jaga Kesehatan Kamu dengan Cara Ini

Penyebab depresi

Depresi bisa terjadi sebagai reaksi terhadap suatu peristiwa, misalnya penganiayaan, kekerasan di sekolah, kematian orang terdekat, atau masalah keluarga seperti kekerasan di dalam rumah tangga ataupun perpisahan orang tua.

Seseorang bisa mengalami depresi setelah merasa stres untuk waktu yang lama. Depresi juga bisa diturunkan di dalam keluarga. Selain itu, ada kalanya kita tidak tahu mengapa depresi timbul.

Tanda dan gejala depresi

Depresi dapat terasa berbeda-beda bagi setiap orang. Berikut adalah tanda dan gejala yang umum terjadi:

Gejala fisik

  • Lelah atau tidak ada energi, meskipun sudah beristirahat
  • Gelisah atau sulit berkonsentrasi
  • Kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari
  • Perubahan selera makan atau pola tidur
  • Rasa nyeri atau sakit yang muncul tanpa sebab tertentu
  • Gejala emosional dan mental
  • Rasa sedih, cemas, atau mudah marah yang terus-menerus
  • Hilang minat untuk bergaul dan melakukan kegiatan yang biasanya disukai
  • Menarik diri dari orang lain dan merasa kesepian
  • Merasa tidak berharga, tidak punya harapan, atau merasa bersalah
  • Mengambil tindakan-tindakan berisiko yang tidak biasanya dilakukan
  • Menyakiti diri atau memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup

Jika anak Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu ia mengalami depresi.  Akan tetapi, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu itu. Jika merasa khawatir, jangan ragu untuk meminta saran dari dokter Anda.

Reporter: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *