Biaya Rp 291 Ribu Bisa Liburan ke Bali? Begini Tips Ala Aji Permana Pengiat Wisata

Chanel Banten, Lifestyle – Sudah bukan rahasia umum, Bali terbukti menjadi tujuan bagi para pelancong atau para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Bali sudah sangat termasyur dikalangan para pelancong di dunia. Bukan tak ada alasan, karena Bali memiliki daya tarik keindahan alamnya yang sangat luar biasa. 

Bisa dibilang, Bali memiliki daya sihir bagi pelancong untuk datang ke Tanah Dewata tersebut. Karena terbukti, berdasarkan data dari beberapa sumber, ribuan bahkan jutaan orang setiap tahunnya kerap melancong kesana.

Salah satu alasan lain, Bali memiliki kekuatan adat Budaya yang cukup kental. Itu terbukti masih tetap terjaga hingga saat ini.

Demikian gambaran singkat Pulau Dewata. Dalam artikel ini, penulis ingin berbagi tips mengenai perjalanan kesana dengan buget minim.

Salah satu tipsnya, yaitu perjalanan dengan menggunakan moda transportasi darat Kereta Api (KA). 

Seperti apa tipsnya, berikut ini ulasan ngetrip ke Bali yang tidak membuat kantong meringis, seperti pengalaman penulis pada saat berlibur ke Bali beberapa waktu lalu.

1. Perjalanan dimulai dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta

Hal pertama memesan tiket KA. Airlangga dari Stasiun Pasar Senen tujuan Stasiun Surabaya Pasar Turi. Harga tiket Rp 117 ribu. Estimasi waktu perjalanan selama 12 jam.

2. Dilanjutkan ke Stasiun Surabaya-Gubeg

Kemudian setelah tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya. Selanjutnya kembali membeli tiket KA jurusan Stasiun Surabaya-Gubeng dengan harga Rp 4 ribu saja.

3. Menuju Ketapang Banyuwangi

Sesampainya di Stasiun Gubeng Surabaya, selanjutnya menggunakan KA Probowangi jurusan Stasiun Ketapang Banyuwangi. Harga tiketnya Rp 27 ribu, dengan estimasi perjalanan 6 jam.

4. Menyebrang Pelabuhan Gilimanuk

Kemudian setelah sampai di Stasiun Ketapang Banyuwangi. Selanjutnya cukup berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang. Bersiap untuk menyebrang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Tiket kapal dari Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Rp 10 ribu, itu jika beli tiket di dalam Pelabuhan. Namun, jika beli di agen tiket di luar Pelabuhan harganya bisa Rp 18 ribu. Kapal yang ditumpangi untuk.menyebrang yaitu Kapal Ferry dengan estimasi waktu perjalanan 45 menit.

5. Menuju Terminal Ubug

Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk langsung disambut para kernet Bus menuju Terminal Ubung, Bali dengan tarif yang ditawarkan sebesar Rp 60 ribu. Tapi bisa ditawar jadi Rp 50 ribu. Perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Terminal Ubung memakan waktu 3 jam perjalanan. 

Sangat jauh memang, tapi tenang saja, rasa cape kalian akan terbalaskan ketika sudah sampai di Pantai Kuta Bali dengan disuguhkan pemandangan hamparan pasir putih pantai yang sangat indah.

6. Menuju Pantai Kuta

Setelah sampai di Terminal Ubung, dilanjutkan perjalanan menuju Pantai Kuta. Dalam perjalanan ini bisa memesan transportasi online dengan ongkos sebesar Rp 75 ribu untuk sampai di Pantai Kuta. Untuk estimasi waktu perjalanan yang ditempuh 1 jam lebih.

Pesan tiket lebih awal

Perlu diingat, untuk pemesanan tiket Kereta Api (KA) di atas kalian harus pesan terlebih dahulu minimal H-7 sebelum pemberangkatan melalui smartphone kalian pada aplikasi KAI Access, atau Tiket.com.

Jadi, total biaya perjalanan hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 291 ribu saja untuk sampai di Pantai Kuta, Bali.

Bagi kalian yang tidak mempunyai cukup banyak uang untuk berlibur ke Bali, bisa coba tips ngetrip pengalaman penulis pada saat berlibur ke Bali beberapa waktu lalu. Semoga, tips yang ditulis di atas bisa bermanfaat untuk semuanya. *

(gm)

  • Artikel ditulis: Aji Permana
  • la seorang pengiat wisata dan juga merupakan wartawan media online di Banten.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *