Dandim Lebak, Herbert Sinaga: Singsingkan Lengan, Prajurit Harus jadi Solusi Ditengah Masyarakat 

Chanel Banten, Lebak – Selamat datang Letkol Inf. Harbert Roby Parulian Sinaga di Kabupaten Lebak. Selamat atas jabatan baru sebagai Komandan militer (Kodim) 0603/Lebak.

Serah terima jabatan Dandim dipimpin Komandan Korem (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus, berlangsung di Aula Makodim Lebak, Jumat 9 Maret 2023.

Baca juga: Terima Kunjungan Aliansi Jurnalis Lebak, Wakapolres Lebak: Peran Media Sangat Penting

Hadir pula Kasrem 064/MY Kolonel Inf Roby Bulan, sejumlah Kasi Kasrem 064/MY, Dandim Jajaran Korem 064/MY, Kabalak Jajaran Korem 064/MY serta Ketua dan Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 064 PD III/Siliwangi.

“Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih dan semoga bisa diterima oleh masyarakat di Kabupaten Lebak,” kata Herbert Sinaga.

Ia mengatakan, kehadiran prajurit di tengah masyarakat harus menjadi penengah atau menciptakan solusi memecahkan dalam setiap persoalan yang dihadapi masyarakatnya.

“Singsingkan leban baju, prajurit harus hadir ditengah masyarakat sebagai pemecah dan pemberi solusi persoalan-persoalan di tengah,” ujarnya.

Sementara, program kerja mengawali tugasnya di Kabupaten Lebak tentu masih normatif, yaitu soal isu ketahanan pangan dan bagaimana menciptakan kondusif wilayah. Prajurit juga harus terjun langsung kelapangan mendengarkan langsung aspirasi dari masyarakat.

“Semoga kehadiran saya di Lebak diterima oleh masyarakat dan membawa kebermanfaatan,” ujarnya.

Pihaknya juga akan membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Lebak. Konsen pertama yaitu bagaimana membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan.

“Dalam hal ini, angkatan darat sudah membangun komitmen dengan Kementerian bagaimana menciptakan sumber daya pangan,” ujarnya.

Sementara, Dandrem 064/MY, Brigjen TNI Fierman mengungkapkan, pergantian jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan merupakan salah satu upaya memelihara kesinambungan organisasi dalam menghadapi dinamika tuntutan tugas yang semakin kompleks.

“Regenerasi kepemimpinan tentunya diharapkan dapat mendukung jalannya roda organisasi,” katanya.

Baca juga: Parah! Jalan Aspal di Lebak Berubah Seperti Jalur Off Road 

Ia menuturkan, dengan memahami karakteristik wilayah dan masyarakat Lebak yang agamis dan dinamis, maka Kodim 0603/Lebak memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan.

“Karenanya prajurit dituntut untuk memiliki kemampuan dan kesiapan tugas kewilayahan yang prima guna mengantisipasi, meredam, dan mengatasi (problem solving) kerawanan yang ada guna terciptanya kondusifitas wilayah,” jelas Brigjen TNI Fierman.

Reporter: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *