Tradisi Tawaqufan Warga Banjarsari Sambut Bulan Ramadan

Chanel Banten – Warga Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Banten, mengelar acara penutupan pengajian rutin atau Tawaqufan, menyambut bulan suci Ramadan.

Acara berlangsung di salah satu Majelis Kampung Cisero, RT 15/16, RW 04, dihadiri para RT dan RW serta tokoh masyarakat setempat, Minggu 3 Maret 2024.

Salah satu tokoh masyarakat, sekaligus Ketua RT setempat, Suhaedi menuturkan, acara penutupan pengajian rutin atau Tawaqufan dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. 

Baca juga: Massa Reduk Demo Kantor KPU Lebak, Serukan Petisi04 Tolak Pemilu Hingga Dukung Hak Angket DPR

Di bulan suci Ramadan nanti, kata dia, masyarakat, khususnya umat muslim diharapkan bisa lebih khususk beribadah dan memakmurkan masjid. Termasuk mengoptimalkan semangat berperan di masyarakatn 

“Acara Tawaqufan dilaksanakan setiap menyambut bulan suci Ramadan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala desa (Kades) yang selalu mendukung pelaksanaan pengajian rutin warga yang dilaksanakan sejak bulan Syawal hingga menjelang bulan Ramadan ini.

Sementara, Kades Banjarsari, Tajul Arifin mengatakan, acara Tawaqufan merupakan tradisi menyambut bulan Ramadan. Pengajuan rutin akan kembali dilaksanakan pada bulan Syawal mendatang.

Baca juga: Belajar Toleransi dari Warisan Filosofi Sunan Kudus 

“Pengajian rutin merupakan rutinitas yang rutin dilaksanakan warga. Sehingga menjelang Ramadan acara Tawaqufan sudah jadi tradisi,” ujarnya.

Bulan Ramadan nanti, diharapkan bisa lebih meningkatkan ketaqwaab umat muslim kepada Allah SWT. Warga juga memakmurkan Mesjid dengan mengisi kegiatan keagamaan dan sosial. 

“Di bulan suci Ramadan nanti, mari kita makmurkan Mesjid dengan kegiatan keagamaan. Mudah-mudahan ibadah kita lebih khusuk,” ucapnya.

Reporter: Muhammad Ubik 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *