Kiprah Ratu Pengasih Utusan Sultan Hasanudin dalam Penyebaran Islam di Pandeglang

Foto istimewa

Chanel Banten, Pandeglang – Makam Keramat Ratu Pangasih merupakan satu dari sekian banyak makam keramat yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Makam tersebut berada di Kampung Sanim, Juhut, Kecamatan Pandeglang. Makam itu merupakan salah satu lokasi ziarah favorit di Banten. 

Baca juga: Ini Sejarah dan Arti Nama Rangkasbitung Ibukota Kabupaten Lebak

Konon di makam iru memiliki sumber mata air pengasih yang diyakini dapat memancarkan energi positif, seperti kewibawaan.

Jabatan Fungsional Budaya pada Bidang Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pandeglang, Ade Nasirudin mengatakan, Ratu Pengasih merupakan utusan Sultan Hasanudin dari Kesultanan Banten yang diperintahkan menyebarluaskan Islam.

“Seiring berjalannya waktu, Ratu Pengasih ini tutup usia dan dimakamkan oleh warga sekitar di Kampung Sanim, Kelurahan Juhut, Kecamatan Pandeglang,” kata Ade kepada wartawan. Sabtu 9 September 2023.

Menurutnya, berkat kepatuhan dan ketaatannya dalam menyebarluaskan agama Islam di semasa hidupnya. Ibu Ratu Pengasih ini, mendapatkan karomah dan diberi kelebihan oleh sang maha penciptanya. 

“Saat ini, makam Ibu Ratu Pengasih banyak dikunjungi para peziarah atau wisatawan religi. Baik, wisatawan lokal maupun luar daerah,” ungkapnya. 

Di Keramat Ratu Pengasih ini tambah Ade, terdapat Mata Air Pengasih yang jaraknya sekitar 10 meter dari makam Ibu Ratu dan dulunya kerap digunakan untuk tempat tirakat atau (semedi). 

“Biasanya, pengunjung akan menggunakan air ajaib ini setelah berziarah ke Makam Ibu Ratu,” ujarnya. 

Mata Air Berkhasiat

Ade menjelaskan, manfaat mandi dan membasuhkan air pengasih ini, konon dipercaya akan menambah daya pikat atau kharisma kewibawaan untuk yang menerapkannya. 

“Rata-rata setelah menggunakan air pengasih ini,  konon selalu benar terjadi. Manfaat mandi dan menggunakan air ini, dipercaya memiliki khasiat kewibawaan dan dapat dipercaya banyak orang,” ungkapnya. 

Pada dasarnya, tambah Ade, hal ini tergantung dari keyakinannya masing-masing. Namun, hampir semuanya, merasakan aura positif setelah mandi di air tersebut. 

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Harga, Bulog Lebak-Pandeglang Tebar 2.655 Ton Beras Bantuan Pangan

Kepala Bidang Budaya pada Disparbud, Yana Heryana mengatakan bahwa di Kabupaten Pandeglang, terdapat 55 Keramat yang dibina oleh Disparbud Pandeglang. 

“Dari 55 Keramat, tercatat sebanyak lima keramat yang kerap dikunjungi oleh wisatawan religi. Diantaranya, seperti Keramat Syeh Abdul Jabar yang berada di Pasir Kacapi, Kelurahan Pagadungan Kecamatan Karangtanjung dan Syeh Maghribi, Ki Buyut Papak serta Ratu Fadilah,” pungkasnya.

(gm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *