PT. Gama Group Realisasikan Community Development di Bidang Kesehatan dan Ekonomi 

SUSTAINABLITY Community Development PT. Gama Group Melalui Program PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat) realisasikan bidang kesehatan dan ekonomi di 3 Desa.

Program PPM PT.Gama Group adalah Mandat undang-undang yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk atau wujud tanggung jawab social perusahaan untuk berkomitmen, berkontribusi yang berkelanjutan sehingga dampak pemberian program terhadap masyarakat disekitar tambang bisa diterima tepat sasaran dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat, baik secara individual maupun secara kolektif, sehingga dapat mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Program ini memiliki tiga karakter utama, yaitu berbasis masyarakat (community based), berbasis sumber daya setempat (local resource based) dan berkelanjutan (sustainable).

Dalam sambutanya pada saat acara serah terima program dikantor desa, Burhanudin selaku staf Public Affair memyampaikan “Program PPM PT.Gama Group yang kita susun meliputi 3 Bidang yaitu, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Alhamdulillah untuk bulan ini kita bisa realisasikan 5 kegiatan yang berlokasi di Desa Pamubulan, Desa Darmasari dan Desa Lebak tipar. Kegiatan program ini diantaranya:

1. Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak dan ibu menyusui sekitar 125 Anak kita bantu PMT di posyandu Mawarsari 3 dan wawar sari 6 Desa Darmasari.

2. Bantuan Modal 2,5jt untuk UMKM diberikan pada kelompok UMKM GMP  (Generasi muda pamubulan) di Desa Pamubulan.

3. Program Penyuluhan Desa Bebas Sampah yang berkolaborasi dengan pemdes pamubulan dan Karang taruna untuk mengkampanyekan, mensosialisasikan ke tiap lingkungan tentang desa bebas sampah dan papan himbauan larangan buang sampah sembarangan karena pamubulan merupakan desa yg sudah berjalan dalam penanganan sampah skala desa.

4. Penanganan Sampah Domestik melalui Bumdes yaitu di buatkanya 33 bak sampah di pamubulan terletak pada 11 titik lingkungan dan 5 bak sampah di desa Lebak tipar.

5. Program Rumah Kompos yaitu bantuan 2 unit mesin kompos untuk sektor peternakan dan pengelolaan sampah terpadu di TPST Pamubulan kita sudah pesan sesuai spek yang dbutuhkan tinggal menunggu mesinnya datang.

Program tersebut di implementasikan pada wilayah oprasional perusahaan dalam mendukung visi misi desa untuk mencapai indek pembangunan serta mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan warga, terimakasih saya ucapkan kepada Pemdes Pamubulan, Lebaktipar dan Darmasari serta pengurus  Bumdes, Paguyuban RT RW, Karang Taruna, Posyandu dan GMP  (Generasi Muda Pamubulan), keterlibatan stakeholder  adalah salah satu indikator penentu suksesnya program PPM ini semoga kedepan bisa kita tingkatkan lagi.”

Kepala desa Lebaktipar, Didi Dulyani alias Jaro Koras mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT. Gama Group atas bantuan program ini.

“Warga masyarakat Lebak Tipar sangat kompak dan antusias atas adanya bantuan 5 (lima) titik bak sampah di Desa Lebaktipar yang sangat penting kami harapkan ada tempat pembuangan sampah, dimana masyarakat disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya serta ucapan terimakasih dari beberapa tokoh masyarakat, Bumdes, Karang Taruna smoga perusahan terus bersinergi membantu pembangunan desa yang berkelanjutan,” ungkap Didi Dulyani.

Senada dengan Sudaryat selaku Kasepem Desa Pamubulan mengaku, perusahaan sudah banyak membantu dalam penanganan sampah skala desa di Desa Pamubulan dan program lainnya.

“Kami bisa mengelola sampah di desa kami berkat adanya keterlibatan perusahan yang alhamdulillah sampai saat ini sangat konsisten dalam menjawab aspirasi masyarakat.” Pungkas Sudaryat.

Sementara itu, salah satu kader Posyandu Mawar Sari 3 Darmasari mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT Gama Group.

“Terimaksaih kepada PT. Gama Group atas bantuan PMTnya yang sangat bermafaat bagi kami khususnya balita dan ibu menyusui. Kami berharap PT. Gama semakin sukses dan dapat selalu memberi manfaat untuk masyarakat,” kata Sri Wahyuni.

Reporter: Ade PK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *