Wayang Nganjor, Cara Unik Seniman di Pandeglang Lestarikan Budaya Lokal

Chanel Banten, Pandeglang – Dalam upaya melestarikan budaya lokal, Perkumpulan Urang Banten (PUB) bersama Wayang Nganjor menghibur masyarakat keliling kampung di Kabupaten Pandaglang.

Tb.Asep Rafiudin Arief selaku Ketua PUB Kabupaten Pandaglang menyatakan, pihaknya mensuport dengan mengagendakan pentas pagelaran Wayang Nganjor keliling kampung dengan Ki Dalang Tirta dari Kabupaten Pandaglang selain memberikan hiburan rakyat juga melestarikan budaya lokal berupa seni wayang golek.

Baca juga: Balonbup Yoyon Berikan Rompi Pandeglang Berjaya Ke Timses, Siap Rebut Kemenangan Tertunda

“Malam ini (01/06) pentas Wayang Nganjor bersama Ki Dalang Aming Ajen pada titik yang ketiga keliling kampung di Pandeglang tepat di lapangan Kampung Ciluluk Desa Pasanggrahan Kecamatan Munjul. Alhamdulillah masyarakat terhibur dengan penampilan wayang golek dan antusias menyaksikan  Wayang Nganjor cukup tinggi,” ungkap Tb.Asep Rafiudin disela-sela acara tersebut, Sabtu 1 Maret 2024.

“Wayang Nganjor yang telah diagendakan keliling kampung di setiap kecamatan dalam rangka melestarikan budaya lokal,” sambungnya.

Pada kesempatan itu Tb.Asep yang juga pimpinan DPRD Pandeglang ini mengatakan, selain itu dengan adanya Wayang Ngajor secara otomatis banyak para pedagang yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: Literasi Bukan Hanya Tentang Membaca, Namun Harus jadi Pondasi Budaya 

“Kedepannya bisa dikemas sebagai hiburan rakyat dengan berbagai pentas kesenian lainnya dan harus menjadi program Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” kata Ketua DPD PKS Pandeglang ini.

Dalam acara itu, Asep menambahkan PUB Pandeglang melakukan program baksos dengan memberikan bantuan sembako pada masyarakat yang kurang mampu di wilayah tersebut. 

“Semoga bantuan sembako yang kami berikan kepada kaum duafa dan masyarakat yang kurang mampu bisa bermanfaat,” pungkasnya.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *