DPUPR Lebak Diguyur Proyek Senilai  Rp 111,8 Miliar

Chanel Banten, Lebak – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas pekerjaan umum, tahun ini menyiapkan anggaran sekitar Rp 111,8 Miliar untuk peningkatan infrastruktur publik.

Kepala Dinas pekerjaan umum setempat, Irvan Suyatupika mengatakan, program peningkatan infrastruktur publik dilaksanakan sebagaimana tertuang dalam rencana strategis serta komitmen pemerintah daerah. Infrastruktur publik merupakan elemen penting penguat perekoniomian masyarakat.

Baca juga: Miris! Usia Jalan di Lebak Ini Tak Lebih Awet dari Papan Informasi Proyek 

“Jika infrastrukur sudah menunjang, maka berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Irvan Suyatufika, kepada awak media, belum lama ini.

Ia mengatakan, pemkab telah menyediakan anggaran sekitar Rp 111, 8 miliar. Anggaran itu terdistribusi untuk sejumlah kegiatan, antara lain pembangunan jalan, jembatan, rekonstruksi jalan dan rehabilitasi jalan dengan jumlah ruas yang ditangani 45 ruas.

“Rekontruksi dan rehabilitasi jalan rencananya sepanjang  59 Kilometer tersebar di 22 kecamatan. Sedangkan pembangunan jalan menangani 28 ruas sepanjang 34,75 Kilometer,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk kegiatan pembangunan jembatan akan menangani 5 unit jembatan. Termasuk peningkatan akses masyarakat terhadap layanan air minum dan air limbah melalui program Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) beserta Jaringan Perpipaan di Kawasan Perdesaan.

“Rencana penanganan melalui pembangunan Broncaptering dan pembangunan sumur dalam terlindungi dengan sasaran lokasi diprioritaskan bagi desa-desa dengan nilai prevalensi tinggi Stunting yang belum memiliki layanan air minum atau merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ujarnya.

Kegiatannya tersebut, berupa pembangunan tangki septik skala individual. Termasuk pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S).

Bangun kantor kecamatan 

Seain itu melalui program penataan bangunan, kata dia, akan dilaksanakan pula kegiatan rehabilitasi gedung Kantor Kecamatan Leuwidamar dan Cibeber, pembangunan Aula Kecamatan Maja, Bojongmanik dan Cikulur.

Baca juga: Parah! Jalan Aspal di Lebak Berubah Seperti Jalur Off Road 

“Pada kegiatan penataan bangunan fasilitas umum akan dilaksanakan rehabilitasi tugu selamat datang ciawi dan tajur serta penataan alun-alun Kecamatan Rangkasbitung dan Cijaku,” katanya.

DPUPR juga akan melaksanakan pembangunan penguatan tebing sungai Cilaki, Sungai Ciminyak dan Sungai Ciujung. Untuk mendukung ketahanan pangan Dinas PUPR juga akan melakukan rehabilitasi pada beberapa Daerah Irigasi (DI).

Reporter: Galuh Malpiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *