Ini Manfaat Mendongeng pada Anak, Salah-satunya Mengembangkan Kemampuan Berpikir

Chanel Banten, Edukasi –  Menceritakan dongeng pada anak pada saat waktu luang maupun menjelang tidur, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak. Cerita dongeng meski hanya sebatas khayalan, mampu merangsang kecerdasa anak. Dongeng juga bisa menjadi sarana edukasi. 

Dilansir dari laman generasimaju.co.id, mendongeng sendiri, berbeda berbeda dengan membacakan buku. Karena, mendongeng adalah aktivitas interaktif menggunakan kata-kata dan tindakan yang mampu memancing imajinasi pendengarnya. Dongeng disampaikan tanpa menggunakan alat cetak tetapi memanfaatkan kata-kata dan kontak mata antara orang yang menyampaikan dan mendengarkannya. 

Baca juga: Sejarah Singkat Kabupaten Lebak, Bupati Pertama Hingga Ke 27

Sekadar diketahui, sejak tahun pertama anak sudah memiliki perkembangan kognitif yang luar biasa, baik dalam memproses ingatan, bahasa, pemikiran maupun penalaran. Pada usia tersebut, anak juga sudah mengembangkan keterampilan mendengar dan memahami yang didengarnya. Mau tahu apa saja manfaat bercerita dongeng pada anak. Simak ulasan berikut ini!

1. Meningkatkan kecerdasan otak

Mendongeng untuk anak bisa meningkatkan kecerdasan otak. Sebab, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang mendengarkan dongeng menunjukkan aktivasi otak yang berkelanjutan dibanding membacakan buku bergambar. Mendongeng juga akan mengaktifkan kemampuan imajinasi anak dengan didorong untuk menggambarkan dalam pikiran kata-kata yang didengar saat Bunda mendongeng untuknya. 

2. Mendukung Perkembangan Psikologis

Selain itu dongeng juga berpengaruh pada perkembangan psikologis anak. Sebab, dongeng bisa memengaruhi perasaan mendalam anak. Dongeng bisa membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir untuk menghadapi situasi yang problematis. Selain itu, dongeng membantu anak mengenalkan konsep baik dan buruk melalui tokoh pahlawan maupun penjahat dalam cerita. 

3. Sebagai Media Belajar Bahasa 

Anak pada usia satu tahun, sudah mampu mengoceh bahkan mengeluarkan kata-kata. Demikian, mendongeng juga bisa membantunya belajar bahasa dengan cepat melalui dongeng. Sebab dongeng bisa memperkaya pengetahuan kosa kata, kalimat, maupun konteks penggunaannya. Dongeng juga digunakan sebagai media belajar bahasa kedua, misalnya bahasa Inggris bila Bunda ingin mengajarkannya pada si Kecil. 

4. Membangun Minat Literasi Sejak Dini 

Literasi atau kemampuan untuk membaca perlu dipupuk sejak dini. Salah satunya dengan membacakan dongeng untuk anak. Mendongeng atau membacakan cerita untuk anak akan mengembangkan kemampuan si Kecil dalam berbahasa termasuk membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Hal tersebut sangat penting Bunda. Sebab, bahasa menjadi salah satu kunci pembelajaran di masa depan. 

5. Mempererat Hubungan

Meluangkan waktu bersama anak menceritakan dongeng juga bisa membangun ikatan yang kuat antara bunda maupun ayah. Karena, saat mendongeng, ada interaksi positif antara keduanya. Anak pun akan merasa aman, merasa dicintai, diperhatikan, maupun disayangi. Perasaan tersebut akan membantu anak berkembang secara sosial maupun emosional untuk memahami dunia.

6. Mengasah Keterampilan Berpikir

Mendongeng juga membantu mengasah anak berpikir kritis sejak dini. Mendongeng merupakan aktivitas dua arah antara pencerita dan pendengarnya. Mendengar dongeng bisa mendorong anak belajar tentang pemecahan masalah, berpikir tentang keberagaman, dan memahami kerja sama. 

Baca juga: Menelusuri Jejak Sejarah Gedung Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Dulu Landraad Rangkasbetoeng 

Saat mendongeng, bisa menyelipkan pertanyaan tentang cerita untuk memancing respon anak  Dengan demikian, anak bisa menunjukkan tanggapannya atas cerita yang Anda sampaikan menurut sudut pandangnya sendiri. 

Demikian berbagai manfaat dongeng untuk anak. Selain meningkatkan kecerdasan, dongeng juga dapat mendukung perkembangan psikologis, mengasah keterampilan berpikir, bahkan menjadi aktivitas menyenangkan untuk memperkuat hubungan emosional.

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, bantu pula dengan memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Semoga menginspirasi dan bermanfaat!

Reporter: Galuh Malpiana
Sumber: generasimaju.co.id

Artikel ini sebelumnya sudah dimuat di:https://www.generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/stimulasi/manfaat-mendengar-dongeng-untuk-anak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *