LPM Dompet Dhuafa Gelar Perayaan HUT Kemerdekaan di Kasepuhan Cibedug

Chanel Banten – Acara perayaan memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kasepuhan Adat Cibedug, Desa/Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak, Banten, berlangsung meriah.

Acara yang digelar Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, dengan berbagai lomba tradisional itu, kian semarak dengan diramaikan hadirnya artis Ibu Kota, pada Sabtu 17 Agustus 2024.

Baca juga: Bikin Bangga, Tim U-12 SSB Bina Mukti Asal Lebak Lolos Ke Ajang Bergengsi GEAS Nasional 2024

Ketua LPM Dompet Dhuafa, Kamaluddin menyampaikan, rangkaian acara tersebut diisi dengan berbagai lomba tradisional dan juga kegiatan sosial, salaj satunya santunan anak yatim dan piatu.

“Acara di mulai sejak 16 Agustus, puncaknya dilaksanakan 17 Agustus pengibaran bendera merah putih,” kata Kamaluddin, Sabtu 17 Agustus 2024. 

Menurut dia, desa Adat Kasepuhan Cibedug merupakan salah satu sasaran LPM Dompet Dhuafa dalam pelaksanaan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Tujuannya, selain untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam peringatan detik-detik Proklamasi.

“Selain itu juga untuk membantu pelayanan masyarakat, khususnya dalam kegiatan sosial,” ucapnya.

Kegiatan itu, sambung dia, melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari pemerintah desa hingga unsur masyarakat lainnya. 

“Tujuan terpenting dalam kegiatan ini, agar dapat merawat nilai-nilai perjuangan bagi generasi muda dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. 

Dari desa Adat Kasepuhan Cibedug, ujar dia, didapat nilai-nilai luhur tentang Kemerdekaan. Dimana, banyak makna nilai Kemerdekaan yang bisa direnungi dan dipahami dari kehidupan adat istiadat Kasepuhan Cibedug. 

Baca juga: Memaknai Nilai-nilai Kemerdekaan di Desa Kasepuhan Adat Cibedug

“Banyak nilai-nilai yang perlu kita pelajari dari kehidupan Adat Kasepuhan Cibedug. Utamanya, yaitu lestari kebudayaan masyarakatnya,” ujarnya.

“Masyarakat Adat begitu menghormati adat lelehur. Tradisi itu sejalan dengan marwah peringatan HUT Kemerdekaan yang bertujuan agar kita bisa menghormati dan mengenang jasa-jaaa para pejuang Kemerdekaan,” ucapnya.

Reporter: M. Ubik l Editor: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *