Hadiri Acara Serem Taun Cisitu 2024 Pj Bupati Lebak, Iwan: Pertahankan Kearifan Lokal sebagai Jati Diri

Chanel Banten – Penjabat (Pj) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan mengapresiasi Kasepuhan Cisitu yang selama ini telah menjaga dan melestarikan tradisi Seren Taun. 

Menurutnya, hal itu merupakan bukti nyata upaya masyarakat dalam mempertahankan identitas dan jati diri sebagai bangsa yang kaya akan budaya di tengah perkembangan zaman saat ini.

Baca juga: Viral, Video Aksi Pemuda Perlihatkan Jalan Berlumpur di Lebak, Seperti Jalur Off Road

Ia berpesan, masyarakat adat agar terus selalu bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Lebak dalam rangka mensejahterakan masyarakat. 

“Kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi juga menjadi momentum untuk akselerasi tumbuhnya industri pariwisata dalam menyongsong masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya,” ujar Iwan saat menghadiri acara Seren Tau. Cisitu 2024, Jumat 26 Juli 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Kajari Lebak Mayasari serta Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (Kadisbudpar) Imam Rismahayadin serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Upacara ara Adat Seren Taun merupakan upacara yang diselenggarakan setiap tahun, setelah panen Padi dalam rangka ungkapan rasa syukur masyarakat adat atas pencapaian hasil bumi yang diperoleh. Selain itu juga sebagai permohonan berkah dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. 

Baca juga: Aktivis KPKB Sebut Program BLT di Lebak Rentan Dikorupsi, Ini Modus yang Sering Terjadi 

Pemangku Adat Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul Abah H. Yoyo Yohenda, dalam sambutannya menceritakan perjuangan lembaga adat dalam mensejahterakan masyarakat yang selalu patuh terhadap aturan hukum yang benar. 

Ia menyampaikan bahwa Masyarakat Adat Cisitu selalu konsisten dalam menjaga hutan selalu lestari dengan prinsip Hutan Lestari Rakyat Sejahtera. Ia  juga mendo’akan agar masyarakat Kabupaten Lebak senantiasa diberikan kesejahteraan.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *