Jadi Destinasi Wisata, Bendungan Cikoncang Akan Disulap Jadi Wahana Wisata Air 

Chanel Banten, Lebak – Bendungan Cikoncang yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten akan dijadikan destinasi wisata unggulan yang ada daerah setempat.

Seusai master plan, bendungan seluas 2. 252 hektare itu, akan disulap menjadi wahanan permainan air dan wahana keluarga yang dapat menarik wisatawan.

Baca juga: Sungguh Dermawan Seorang Warga di Lebak Bangun Jalan Pakai Duit Pribadi, Kades Sampai Terharu

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Banten Tunul, mengatakan, bendungan Cikoncang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Bendungan Cikoncang bisa menjadi destinasi wisata unggulan kedepan.

Menurutnya, dalam pengembangan destinasi tersebut perlu peran serta sejumlah komponen masyarakat. Karenanya perlu pemberdayaan masyarakat, karena potensi wisata tersebut dapat mendongkrak Pendapatan Anggaran Daerah Desa (PADes).

“Dispar Banten bersama Dispar Lebak tentu mendorong agar potensi wisata yang ada di daerah bisa terus digali dan di maksimalkan,” kata Tunul saat meninjau bendungan Cikoncang, Jumat 26 April 2024.

Sejauh ini, kata dia, bendungan Cikoncang sudah banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Melihat potensi itu maka pemerintah perlu mendorong peningkatan sarana dan prasarana di bendungan Cikoncang yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata unggulan. 

“Ini adalah satu potensi wisata baru yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat. Tentu kami akan terus membenahi sarana dan prasarana yang belum tersedia di wisata ini,” ucapnya. 

Kepala desa (Kades) Ketapang, Emed Kurniawan, pengembagan bendungan Cikoncang menjadi destinasi wisata sudah digagas sejak tahun 2016 silam. Selama itu, kata dia pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai instansi di Pemkab Lebak maupun Pemprov Banten agar bendungan Cikoncang dijadikan destinasi wisata. 

“Alhamdulillah akhirnya harapan kami terwujud, saat ini bendungan Cikoncang sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata,” ujarnya. 

Wahana air bermain keluarga 

Ia mengatakan, sesuai master plan itu, akan dibangun beberapa wahana bermain seperti kereta gantung (Gondola), outbound dan wahana permainan air dan wahana bermain lainnya. Sehingga, hal itu bisa membuat daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Bendungan Cikoncang. 

Baca juga: Ini Agenda Event Wisata Tahun 2024 di Kabupaten Lebak 

“Beberapa fasilitas yang sudah dibangun yaitu seperti area spot foto, toilet, tempat parkir kendaraan, mushala dan sejumlah lesehan untuk bersantai dan berkumpul makan bersama, sembari menikmati keindahan suasana pemandangan Bendungan Cikoncang,” terangnya. 

Untuk para wisatawan yang berkunjung ke Bendungan Cikoncang jumlahnya sangat fantastis. Kata dia, pada saat cuti bersama hari raya Idul Fitri kemarin dalam satu hari bisa mencapai 1.200 pengunjung bahkan bisa lebih. 

“Semakin banyaknya pengunjung yang datang itu akan berdampak terhadap Pendapatan Anggaran Desa (PADes) Desa Ketapang. Semoga fasilitas fasilitas yang belum terbangun segera terealisasi sehingga membuat daya tarik masyarakat yang ingin berkunjung ke Bendungan Cikoncang,” katanya.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *