FSM 2024 Kembali Digelar, Tampilkan Sejumlah Event Berkualitas se-Indonesia

Chanel Banten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, tahun ini kembali menyelenggarakan Festival Seni Multatuli atau FSM. Pada event kali ini, tema yang diangkat adalah Jelajah Budaya Bumi Multatuli.

Pihak penyelenggara adalah Dinas kebudayaan dan pariwisata (Dispar). Acara dipusatkan di Alun-alun Rangkasbitung, berlangsung sejak 13 hingga 18 September 2024.

Selama kegiatan berlangsung, pihak Dispar menargetkan dapat mendatangkan wisatawan sebanyak 25.000 orang. Kegiatan itu juga merupakan bagian dari kegiatan Karisma Event Nusantara sebagai kumpulan event-event berkualitas dari 38 provinsi di Indonesia. Kharisma Event Nusantara menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

Baca juga: Seba Baduy 2024, Magnet Event Nasional Wisatawan 

KEN 2024 adalah upaya Kemenparekraf dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal. 

FSM adalah salah satu festival terbesar di Provinsi Banten, yang telah berlangsung sejak tahun 2018 di kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Dalam setiap penyelenggarannya, FSM mengusung narasi kemanusiaan sebagaimana nilai dan semangat yang terkandung dalam novel Max Havelaar karya Multatuli. 

Sebagaimana yang ditulis Max Havelar dengan nama pena Multatuli Tugas manusia adalah menjadi manusia. Bersamaan dengan itu, FSM juga mengetengahkan nilai-nilai luhur dari khasanah kebudayaan lokal yang terepresentasi dalam berbagai bentuk ekspresi dan estetika, seperti kesenian tradisional dan pengetahuan lokal.

Baca juga: Arus Bawah Ingin Junaedi jadi Ketua DPRD Lebak, Bukan Juwita

Sebuah narasi bukan hanya dapat dibaca secara struktural, melainkan juga mesti didekati secara kultural. Maka, FSM memposisikan khasanah kebudayaan daerah sebagai titik pijak dalam merancang dan menggelar berbagai programnya, baik dalam bentuk pertunjukan, penciptaan, maupun pengkajian. 

Event FSM tahun ini akan didukung juga oleh beberapa acara, antara lain Telusur jejak Multatuli, Karnaval Kerbau, Parade Kostum Etnik, Talkshow Budaya, Pagelaran Musik, Pameran Ekonomi Kreatif dan masih banyak lagi kegiatan pendukung lainnya. (adv)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *