Viral, Makam Nyiroro Kidul di Tangerang, Ternyata Boong

Chanel Banten – Sebuah makam yang disebut-sebut makam Nyiroro Kidul, diduga dijadikan ajaran menyimpang, viral di jagat media sosial, baru-baru ini. 

Makam tersebut berlokasi di Desa Sumur Bandung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Menurut Camat Jayanti, Yandri Permana, makam itu bukan makan sungguhan. Makam tersebut sudah ada dilokasi itu sejak 2 Minggu lalu. 

Baca juga: Proyek Ambisius Lapangan Softball di Lebak dari Dana CSR Kini Terbengkalai

“Itu makam sebenernya makam tidak ada isinya atau makam buatan,” ujar Yandri Permana, dilansir Chanel Banten.com dari Tangerangonline.id,  Sabtu 27 Juli 2024.

Keberadaan makam yang disebut-sebut makam Nyiroro Kidul itu berawal dari informasi yang diterima pihak kepolisian dari masyarakat. Makam itu kerap diziarahi warga dari luar daerah. 

“Kami mengambil tindakan membongkar makam palsu itu,” ucapnya.

Ada dugaan makam tersebut dijadikan kegiatan menyimpang, sehingga dilakukan tindakan pembongkaran. Pihak pemilik rumah langsung dimintai untuk membikin surat pertanyaan agar tidak melakukan perbuatan yang menyimpang tersebut.

“Sudah dimintai untuk tidak melakukan perbuatan menyimpang agar tidak rame,” katanya.

Sampai saat ini, rumah yang didirikan atas aliran sungai sudah diberigaris polisi. Sementara, penghuni rumah tersebut sudah dilarang tinggal dikediamannya.

“Kalau menggusur rumah pelaku itukan kewenangannya dinas perairan. Pelaku memang yang beralamat Bogor diminta untuk kembali kealamat asalnya,” pungkasnya.

Baca juga: Dukungan Andra Soni-Dimyati di Kabupaten Tangerang Terus Mengalir, Relawan Manis Deklarasi 

Terpisah, Kapolsek Cisoka, AKP Eldi menerangkan, pihaknya beserta aparatur desa melakukan pengecekan ke lokasi di Kampung Sumur RT 009 RW 006 Desa Sumur Bandung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah sudah kita tangani, kedepannya butuh pendalaman lagi mengenai ajar menyimpang tersebut,” jelasnya.

Reporter: Galuh Malpiana 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *