oleh

Pematapan Visi dan Misi, Yudi Nurcahya Cakades Cikatapis: Wujudkan Desa Mandiri dan Relegius

CHANEL BANTEN – Pembangunan yang berlandaskan kearifan lokal, gotong-royong dan melibatkan semua stakeholders, bisa mewujudkan sinergis dalam berbagai bidang.

Hal itu itu merupakan salah satu visi, Yudi Nurcahya Calon kepala desa (Cakades) nomor urut 1 (satu) warna kuning, saat pemantapan visi dan misi di Kantor Desa Cikatapis, Sabtu 22 Oktober 2022.

Pria yang akrab disapa Daglo itu memaparkan, visi lainnya yang akan dilakukan, yaitu mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Cikatapis unggul dan kompetitif, berintelektualitas tinggi, berjiwa kreatif, inovatif dan produktif.

“Termasuk membentuk kondisi infrastruktur yang baik dan lingkungan yang lestari, sehingga terselenggara berbagai aktivitas yang mendorong kemajuan desa,” kata Daglo.

Dengan mendorong dan mewujudkan SDM masyarakat, maka masyarakat Desa Cikatapis ylmampu mendayagunakan seluruh potensinya, baik potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia-nya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang sejahtera, aman dan tenteram.

“Kondisi masyarakat Desa Cikatapis yang menjunjung tinggi norma-norma agama, dan sosial, serta kepatuhan terhadap supremasi hukum.

“Pembangunan yang berlandaskan kearifan lokal, gotong royong dan melibatkan semua stakeholders, sehingga sinergis dalam berbagai bidang,” ucapnya.

Selain itu, ia juga akan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, transparan, akuntabel sehingga tercipta pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien.

Sedangkan, salah satu misinya yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaaan secara partisipatif. Pengembangan infrastruktur dasar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara luas.

Baca juga: Kasus Mafia Tanah, Kejati Banten Tetapkan 4 Tersangka, Diantaranya Eks Kepala BPN Lebak

“Insfrastruktur tersebut meliputi infrastruktur transportasi, infrastruktur air bersih, dan infrastruktur air limbah,” katanya.

Misi lainnya, yaitu meningkatkan akuntabilitas pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, akuntabel dan transparan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien.

“Selain itu, pemerintah perlu melakukan inovasi pelayanan publik untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dalam misinya, ia juga akan meningkatkan pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat. Pengembangan diprioritaskan untuk mendorong produk unggulan desa memanfaatkan Digitalisasi Desa untuk pertumbuhan wirausaha baru, industri kecil (rumahan) serta pembinaan terhadap kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Hal ini dapat diwujudkan dengan pemenuhan layanan dan kesempatan usaha bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di masyarakat,” ujarnya.

(Muhamad Ubik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *