oleh

Sandiaga Uno Nginap di Wisata Saba Baduy, Nikmati Jahe Hingga Pulang Borong Suvenir

CHANEL BANTEN – Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) Desa Wisata Saba Budaya Baduy, Kabupaten Lebak, Sabtu 15 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga sempat menginap di pemukiman suku Baduy untuk mengikuti sejumlah agenda kegiatan di daerah itu.

Sepulangnya mengisi sejumlah agenda kegiatan di Baduy, seperti ikut melaksanakan tanam padi huma atau ngaseuk bersama petani Baduy. Sandiaga kemudian memborong oleh-oleh khas Baduy.

“Produk kerajinan Baduy cukup bagus dan memiliki nilai jual,” kata Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Saba Budaya Baduy.

Ia mengaku, sangat terkesan dengan kehidupan masyarakat Baduy. Sehingga dirinya pun menginap di kawasan pemukiman masyarakat Baduy.

“Destinasi wisata Baduy sangat luar biasa, karena merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dijaga oleh anak cucu sebagai pewaris,” ujarnya.

Baca juga: Datang Ke Lokasi Bencana di Lebak Selatan, Al Muktabar: Jembatan Darurat Cimadur Akan Segera Dibangun

Produk aneka kerajinan masyarakat Badui mulai solendang, kain tenun, souvenir, minum jahe, tas koja, batik dan baju kampret.

Kehadiran pelaku UMKM itu dipastikan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Badui juga lapangan pekerjaan.

“Kami membeli produk aneka kerajinan masyarakat Badui untuk oleh-oleh dan kenang-kenangan,” katanya menjelaskan.

Selain itu, Sandiaga Uno juga keliling di kawasan masyarakat Baduy sambil mendengarkan aspirasi dan potensi wisata Baduy.

Sementara, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pemerintah daerah memiliki misi dan visi membangun destinasi sektor pariwisata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Karena, menurut dia, sektor pariwisata dapat menyumbangkan pertumbuhan ekonomi cukup besar dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran.
 
“Kami berharap kehadiran Menparekraf   Sandiaga Uno ke Lebak dapat membawa berkah untuk banyak wisatawan, baik domestik dan mancanegara datang ke sini,” kata Bupati.

(Cecep Casmadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *