oleh

Ini Langkah Strategis Pemkab Lebak Cegah Kasus PMK Terjadi Lagi

CHANEL BANTEN – Kabupaten Lebak saat ini merupakan daerah yang sudah nol kasus atau zero case hewan ternak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Meski demikian, pemerintah daerah setempat tetap siaga menyiapkan langkah-langkah strategis agar hewan ternak tidak terpapar PMK kembali.

Hal itu disampaikan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Lebak, saat menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) penanganan PMK tingkat Kabupaten Lebak, di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa 27 September 2022.

Baca juga: Miris! Rumah Seorang Janda di Lebak Nyaris Ambruk dan Kerap Bocor, Jika Hujan Ngungsi Ke Tetangga

Rakor sendiri digelar dalam rangka memperkuat komunikasi dan sinergisitas dalam penanganan dan pencegahan PMK di Kabupaten Lebak.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh anggota satuan tugas (Satgas) penanganan PMK se-Kabupaten Lebak.

“Walaupun saat ini Kabupaten Lebak sudah zero case, tetapi tetap perlu dipersiapkan langkah-langkah strategis agar hewan ternak tidak terpapar PMK kembali,” katanya.

Kedepan, kata Bupati, pihaknya perlu menyiapkan langkah strategis. Sehingga, hewan ternak tidak terpapar PMK, seperti dengan melakukan pemeriksaan berkala hewan ternak, mengontrol lalulintas ternak, menyebarkan informasi pengobatan penyakit PMK, dan terus lakukan vaksinasi.

Baca juga: Ketua Demokrat Banten, Iti: Demokrat Akan Terus Berpihak pada Rakyat

Sementara, Kepala Dinas pertanian (Distan) Banten, Agus M. Tauchid dalam kesempatan itu menyampaikan pemaparan mengenai perkembangan PMK di Banten.

Agus menjelaskan, Provinsi Banten telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam mengantisipasi PMK, di antaranya dengan melakukan komunikasi informasi dan edukasi bagi petugas lapangan maupun pelaku usaha ternak, mengirimkan bantuan obat-obatan ke kabupaten/kota terdampak, melakukan pendampingan gebyar vaksin PMK, dan menyebarluaskan informasi mengenai PMK di beberapa media di Banten.

“Semua langkah yang ditempuh merupakan usaha kita bersama dalam penanggulangan PMK. Dan, semoga Kabupaten Lebak tetap mempertahankan zero case dan terbebas dari PMK,” ucap Agus.

(Galuh Malpiana)

Komentar