oleh

Akibat Hujan Deras, Tiga Rumah di Kampung Warunglame Terancam Ambruk Tergusur Longsor

CHANEL BANTEN – Intensitas curah hujan yang tinggi, menyebabkan tiga rumah milik warga di Kampung Tenjolaya/Warunglame, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, terancam ambruk tergerus longsor, Jumat 23 September 2022.

Ke tiga rumah itu, masing-masing diketahui milik Eman, sekaligus ketua RT setempat, milik Redi dan milik Samsudin yang rumahnya sangat berdekatan.

Baca juga: Aneh! Ruang Perpus SMAN 2 Bayah Nyaris Ambruk, yang Direvitalisasi Malah Rumdin Guru

“Awalnya sekitar pukul 13.00 WIB telah terjadi hujan yang sangat lebat, dan setelah pukul 16.00 WIB belakang rumah saya, milik rumah Redi dan milik Samsudin terbawa longsor,” kata Eman sekaligus Ketua RT setempat kepada Chanel Banten, Jumat 23 September 2022.

Menurutnya, longsor tersebut sangat parah dan menghawatirkan akan terjadi longsor susulan karena tanah yang di tempatnya sangat labil.

“Rumah saya juga terkena dampak longsor. Kami mohon kepada pihak pemerintah agar segera memasang beronjong,” ujarnya.

Kepala Desa Bayah Timur, Rafik Rahmat Taufik menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengajukan kepada pihak dinas terkait untuk pembangunan beronjong.

“Tadi saya sudah cek lokasi, dan memang lonsor itu kondisinya parah. Untuk penanganan sementara kami bersama warga menutupinya pake tenda bagian atas lonsor agar ketika ada hujan lagi tidak terlalu basah,” kata Raffik.

Sementara, Ketua BPBD Kecamatan Bayah, Gagan mengaku, akan segera melakukan evakuasi dan melakukan pendataan terjadinya longsor.

Baca juga: Buntut Oknum Sekdis Hambat Kinerja Wartawan, Kantor Inspektorat Lebak Didemo Wartawan

“Kita akan melakukan evakuasi, khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan mengingat cuaca saat ini masih ekstrim,” kata Gagan.

Terpisah, Kapolsek Bayah, AKP Sudibyo B Hadi W menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada mengingat curah hujan yang sangat tinggi

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di kecamatan Bayah agar selalu waspada mengingat sekarang cuaca saat ini begitu ekstrim, semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT,” ujar AKP Sudibyo.

(Ucup Supriadi/Angga MG)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *