oleh

BPBD Lebak Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem yang Terjadi September 2022

CHANEL BANTEN – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizky Pratama mengimbau mengimbau masyarakat agar waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem yang terjadi pada 16 September 2022 mendatang.

Hal itu menyusul peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diterima BPBD Lebak, belum lama ini.

“Kami menerima peringatan cuaca ekstrem dari tanggal 10-16 September ini. Hujan lebat disertai angin dan petir bisa terjadi di 28 kecamatan,” kata Febby Rizky Pratama kepada Chanel Banten Senin 12 September 2022.

Baca juga: Pro dan Kontra Pilkades Citorek Timur, Ratusan Warga Kembali Datangi DPRD Lebak

Ia meminta warga mewaspadai potensi bencana yang datang akibat cuaca ekstrem. Potensi bencana itu ada banjir, longsor, angin puting beliung, hingga pohon tumbang.

Masyarakat yang akan beraktivitas di luar ruangan hari ini diimbau mengantisipasi dampak dari potensi cuaca ekstrem yang bisa terjadi.

“Yang harus diwaspadai karena hujan bisa turun kapan saja dan deras tiba-tiba. Bencana yang biasanya muncul bukan hanya banjir, tapi juga longsor,” tuturnya.

Baca juga: Dua Anggota Polres Lebak dapat Penghargaan Best Police Of The Month 2022

Bencana banjir dan angin puting beliung bisa terjadi di seluruh wilayah Lebak. Bencana longsor, kata Febby, ada di wilayah perbukitan, seperti Kecamatan Sobang, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Muncang, Kecamatan Bojongmanik, dan Kecamatan Leuwidamar.

Lebih lanjut, Febby mengimbau warga lebih siaga dan waspada terhadap potensi bencana. Beberapa dampak cuaca ekstrem pada umumnya adalah bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, banjir pesisir, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin, dan lainnya.

(Cecep Casmadi)