oleh

Iti Tekankan Pentingnya Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Ini Penjelasannya

CHANEL BANTEN – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menekankan pentingnya peningkatan aparatur pemerintah desa. Karena, hal itu merupakan modal dasar bagi Kepala desa (Kades) dalam mengambil setiap keputusan atau kebijakan.

“Kades merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggung jawab setiap kebijakan yang diambil dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa,” kata Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa bagi Kades di Kabupaten Lebak, Rabu 6 Juli 2022.

Baca juga: Per 5 Juni 2022, 13.733 Orang Pasien Warga Lebak Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Acara tersebut diikuti 100 Kades dan dibuka langsung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, bertempat di BPMP Banten Pasir Ona.

Bupati Lebak meminta para Kades mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh narasumber dan pengasuh dalam pelatihan itu. Materi pelatihan sendiri dikonsentrasikan pada pembentukan sikap dan perilaku kerja meliputi materi pengajaran, pelatihan dan pengasuhan.

“Makin meningkatnya anggaran desa dan membesarnya kewenangan desa. Maka Pemkab Lebak terus berupaya meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah Desa,” ujarnya.

Baca juga: Kondisi Terkini Jamaah Calon Haji Asal Lebak: Bersiap Menuju Padang Arafah untuk Wukuf

Pemerintah Desa adalah unsur utama desa yang diharapkan mampu menggerakkan unsur desa lainnya melalui pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, serta melalui kegiatan pembangunan penggalian dan pengembangan potensi desa yang ada diwilayahnya.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak, Babay Imroni menyampaikan, kegiatan pelatihan dilaksanakan sejak 6 hingga 7 Juli 2022.

“Di akhir pelatihan nanti akan kami evaluasi kegiatan para peserta latihan agar mereka mengetahui tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Desa,” pungkas Babay.

(Galuh Malpiana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *