oleh

Tingkatkan Perekonomian, Petani Cibeber Sambut Baik Pembangunan Jalan Usaha Tani Sepanjang 5 Kilometer

CHANEL BANTEN – Pemerintah desa (Pemdes) Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, menggelar musyawarah pembangunan jalan usaha tani luntuk mendukung program ketahanan pangan nasional, Minggu 26 Juni 2022.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala desa (Kades) Cibeber, Jalu Harto, Humas PT. Samudera Banten Jaya, (SBJ) TB.Endin, Kades Cidikit, Upan, perwakilan Koramil serta Kapolsek setempat.

Baca juga: Berperan Lawan Peredaran Narkoba, Perank Lebak Raih Penghargaan P4GN dari BNNP Banten

Dalam sambutannya Kades Cibeber, Jalu Harto mengatakan, musyawarah dilakukan untuk meminta persetujuan kepada warga di tiga desa, yakni Desa Cibeber, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber dan Desa Cidikit, yang lahannya akan digunakan untuk pembangunan jalan usaha tani.

“Jalan usaha tani itu dibangun sepanjang 5 kilo meter. Pelaksanaan pembangunannya sudah mulai dikerjakan,” kata Jalu Harto saat membuka musyawarah pembuatan jalan usaha tani untuk menuju ketahanan pangan yang di gelar di Aula kantor Desa Cibeber.

Jalu menjelaskan, pembangunan pembukaan akses jalan usaha tani itu sebagai bentuk upaya pemerintah desa mendukung program ketahanan pangan nasional. Dampaknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya bagi warga di tiga desa.

“Selama ini hasil pertanian di wilayah kami sulit terjual ke luar daerah. Karena, tidak adanya akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat,”

Ketika di konfirmasi warga Desa Cidikit, Maman mengapresiasi kepada pemerintah desa Cibeber yang telah menginisiasi pembangunan jalan usaha tani tersebut.

“Pembangunan jalan usaha tani itu sangat membantu warga setempat untuk menjual hasil tani ke luar daerah,” ujarnya.

Baca juga: DPUPR Lebak Perbaiki Tanjakan Jalan Tajur Cikulur Ambles Akibat Longsor

Sementara, Kades Cidikit, Upan menyebut pembangunan pembukaan akses jalan usaha tani yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cibeber nantinya sangat berdampak signifikan bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian dalam program ketahanan pangan nasional.

“Jadi pada intinya, saya sangat mendukung sekali atas pembangunan pembukaan jalan usaha tani yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh warga Cidikit khususnya,” jelasnya.

Upan mengaku dalam musyawarah ini warganya telah sepakat lahan garapan warga untuk dipergunakan pembangunan jalan usaha tani.

(Ade PK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *