oleh

Hewan Ternak Terinveksi Virus PMK Bisa Dikonsumsi, Tapi Hindari Makan Bagian yang Ini

CHANEL BANTEN – Hewan ternak yang terinveksi virus penyakit mulut dan kaki atau PMK, seperti sapi dan kerbau ternyata masih bisa dikonsumsi.

Meski demikian, beberapa bagian tubuh hewan terinvensi PMK harus dihindari untuk dikonsumsi, bagian tubuh itu antara lain bagian kepala, kaki dan jeroan.

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Wahyu Widayanti kepada wartawan, pada Senin 20 Juni 2022.

Menurut Wahyu Widayanti, daging hewan ternak yang terkena virus PMK, masih bisa dikonsumsi. Asalkan, sesuai dengan SOP pemasakan selama PMK, seperti dimasak lebih dari setengah jam.

Baca juga: Ditemukan Kasus Indikasi Ternak Terinveksi PMK, 2 Kecamatan di Pandeglang di Isolasi

Berita lainnya: Membahayakan! Kabel Listrik Melintang di Jalan Alun-alun Pandeglang, Diduga Saluran Terkoneksi ke PKL

“Yang harus dihindari mengkonsumsi dading hewan sapi dan kerbau yang terpapar PMK yaitu bagian kepala, kaki dan jeroan,” ungkap Wahyu Widayanti.

Selain itu, sambung dia, hewan ternak PKM tidak zoonosis atau tidak menular ke manusia. Hanya manusia bisa sebagai perantara penularan PMK ke ternak yang lain

Sebelumnya diberitakan, menjelang perayaan Idul Adha, puluhan ekor hewan ternak sapi dan kerbau positif terpapar penyakit mulut dan kaki (PMK) yang tersebar di Kabupaten Pandeglang.

(Galuh Malpiana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed