oleh

Sempat Vakum 2015, Dispora Lebak Minta ABTI Lebak Periode Sekarang ‘Bangkitkan’ Atlet Bola Tangan

CHANEL BANTEN – Kepala Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Lebak, Asep Komar Hidayat meminta kepengurusan Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Lebak membangkitkan kembali semangat atlet.

Pasalnya, sejak tahun 2015 silam, cabang olahraga atau cabor bola tangan sempat mengalami kevakuman. Sehingga, bibit atlet pada cabang itu mengalami kemunduran.

Baca juga: Tersebar di 21 Lokasi, Tahun Ini DPUPR Lebak Laksanakan DAK Infrastruktur Sanitasi

“Cabang olahraga bola tangan sempat ada di tahun 2015, namun tidak berlanjut alias vakum. Hal itu jangan sampai terulang lagi, saya harap ABTI Lebak diera kepemimpinan yang baru sekarang bisa kembali membangkitkan atlet bola tangan,” kata Asep Komar Hidayat saat menghadiri pelantikan ABTI Kabupaten Lebak periode 2022-2025 di DPRD Lebak, Minggu 29 Mei 2022.

Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua KONI, Ganif, Ketua KONI Kota Serang, Agus Irawan dan Medi Juanda selaku Ketua ABTI Kabupaten Lebak.

Asep Komar Hidayat mengatakan, Ketua ABTI periode sekarang yang baru dilantik memiliki tugas yang berat. Sebab, tinggal beberapa bulan lagi akan menghadapi Pekan olahraga provinsi (Porprov).

“Tugas berat menanti, karena akan menghadapi Porprov. Ketua dan pengurus yang baru harus bekerja keras melatih secara fisik maupun mental para atlet bola tangan yang akan berlaga dilaga nanti,” katanya.

Anggaran Terbatas
Selain harus menggembleng para peserta fisik maupun mentalnya, sambung dia, Ketua baru juga harus memiliki dana cadangan. Karena anggaran yang disediakan pemerintah belum memadai.

“Dana yang ada hanya untuk persiapan Porprov Rp 5,5 Miliar. Itu untuk seluruh cabang olahraga yang ikut dalam pertandingan di Porprov nanti,” ujarnya.

Meski demikian, mantan Kepala dinas pendidikan (Disdik) Lebak itu berpesan agar para atlet tidak patah semangat untuk berlatih lebih keras.

“Karena, berhasil dan gagalnya para peserta itu tergantung dari pelatih, yang jelas, bagaimana pola dan cara melatih para peserta agar berhasil itu tanggung jawab pelatih,” imbuhnya.

Baca juga: Berada Diarea Lahan Milik PT KAI, Makam Bupati Ke-3 Lebak Dipindahkan

Selain itu, sambung dia, olahraga bola tangan ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Jelas itu tugas dari Ketua dan kepengurusan ABTI yang baru agar mempromosikannya.

“Bagaimana olahraga ini cepat dikenal dan digemari oleh masyarakat seperti halnya sepak bola. Kalau belum dikenal luas masyarakat,” pungkas Asep Komar.

Sementara, Ketua ABTI Lebak, Medi Juanda mengatakan, kepengurusannya bertekad bisa membawa nama ABTI Kabupaten Lebak menembus kancah Nasional.

“Saya berharap, ABTI Kabupaten Lebak bisa mencetak atlet bola tangan yang tangguh dan berprestasi, atlet yang bisa mengharumkan nama daerahnya,” katanya.

(Otang Sunarya)