oleh

Tersebar di 21 Lokasi, Tahun Ini DPUPR Lebak Laksanakan DAK Infrastruktur Sanitasi

CHANEL BANTEN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak, tahun ini melaksanakan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) infrastruktur sanitasi.

Kegiatan tersebut, tersebar di 21 lokasi di wilayah Kabupaten Lebak, dengan anggaran sekitar Rp 7.863.308.000.

Kepala DPUPR Lebak, Irvan Suyatupika menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dengan tipe swakelola. Dimana, pelaksanaan dan pengawasannya dilaksanakan oleh kelompok masyarakat.

“Sedangkan, pola pencairannya sendiri tiga tahap, yaitu 25 persen, 45 persen dan 30 persen,” kata Irvan Suyatupika, Jumat 27 Mei 2022.

Tujuan dari program DAK infrastruktur sanitasi sendiri, kata dia, dalam rangka menungukung tema angka kematian ibu dan sunting serta penanggulangan kemiskinan.

Selain itu, mendukung terwujudnya layanan sanitasi yang berkelanjutan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dan tujuan dalam RPJMN 2020-2024 bidang sanitasi serta dukungan dalam pemenuhan SPM air limbah.

Mendukung percepatan pembangunan sanitasi melalui peningkatan akses layanan sanitas di Kabupaten/Kota prioritas pengembangan dalam RPJMN 2020-2024,
percepatan penanggulangan penurunan kematian ibu dan sunting, serta penanggulangan kemiskinan dampak Covid-19 2019 yang terjadi secara nasional.

Peningkatan akses layanan sanitasi dilakukan melalui pengembangan dan pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat dan setempat, serta penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar