oleh

Lakalantas Portal di Sampay-Gunungkencana, DPUPR Lebak Santuni Keluarga Korban

CHANEL BANTEN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak, memberikan santunan pada keluarga korban meninggal akibat lakalantas di Jalan Sampay-Gunungkencana, yang terjadi pada, 28 April 2022 lalu.

Sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian, DPUPR juga menjadikan seorang anak korban selamat sebagai anak asuh.

Kepala DPUPR Lebak, Irvan Suyatupika menyampaikan, pembuatan portal pengaman di Jalan Sampay-Gunungkencana sudah melaui kajian konprehensif dan meminta pertimbangan semua pihak.

Baca juga: Soal Oknum Hakim Terjerat Narkoba, Perank Lebak, R. Didi Suharyadi: Jatuhi Sanksi Tegas!

“Portal itu dibuat atas pertimbangan. Mengingat curah hujan yang tinggi pada awal tahun 2022, mengakibatkan terjadinya jalan amblas karena pergerakan tanah pada ruas jalan Sampay-Gunungkencana,” kata Irvan Suyatupika, Selasa 24 Mei 2022.

Ruas jalan Sampay-Gunungkencana merupakan jalur strategis yang menghubungkan wilayah utara dan selatan Kabupaten Lebak. Sehingga diperlukan penanganan khusus pada lokasi bencana tersebut, terlebih pola pergerakan tanah bersifat global.

“Latar belakang pemasangan portal tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi jalan (tanjakan tajur) supaya tetap dalam kondisi baik sebelum (H-7) maupun sesudah (H+7) Idulfitri 2022. Maka dibatasi beban kendaraan yang melewati sesuai dengan ketentuan jalan Kabupaten,” katanya.

Pihaknya juga sudah melakukan beberapa upaya pencegahan pembatasan kendaraan besar (over dimension/over load) dengan memasang beberapa spanduk imbauan atau peringatan agar dapat dilihat dan menjadi peringatan bagi pengguna jalan.

“Pemasangan spanduk himbauan dipasang sejak 17 Maret 2022. Namun entah kenapa, setelah itu hilang dan sebagian dirusak orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Ia meminta masyarakat, terutama pengguna jalan agar selalu berhati-hati dan waspada ketika mengemudikan kendaraan dijalan raya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Baca juga: Jelang Lebaran, DPUPR Lebak Lakukan Percepatan Pemeliharaan Ruas Rangkasbitung-Lewidamar

“Patuhi rambu-rambu lalu lintas serta tetap waspada saat berkendara dijalan raya, terkait laka lantas di cikulur,” katanya.

Diketahui, pada 28 April 2022 lalu, telah terjadi kecelakaan lalulintas sebuah mobil Pickup yang membawa korban menabrak portal pengaman jalan yang mengakibatkan satu orang meninggal dan satu orang selamat di jalan di jalan Sampay-Gunungkencana.

Portal pengaman jalan tersebut, dibuat oleh PUPR kabupaten Lebak dengan tujuan untuk memberikan keamanan dalam rangka penanganan sementara jalur mudik Idulfitri tahun 2022.

(Galuh Malpiana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar