oleh

DPMD Lebak Mulai Sosialisasikan ‘SITANTI’, Ini Fungsi dan Keunggulannya

CHANEL BANTEN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lebak, menyosialisasikan Sistem Informasi Transaksi Non Tunai (SITANTI), Selasa 20 Mei 2022.

SITANTI merupakan sistem penyaluran dana dari pemerintah pusat yang disalurkan ke setiap desa. SITANTI ini merupakan perpaduan tiga sistem yang biasa dipakai sebelum sistem SITANTI dilaksanakan, yaitu DULUR DESA, SISKUDES, dan Internet Banking Corpotate (IBC).

Baca juga: Buka Musda Ke-10 MUI Lebak, Wabup Ade Sumardi: Ketua Terpilih Harus Majukan Organisasi

Kepala bidang (Kabid) Pembinaan Kerjasama pengelolaan Keuangan Desa (PKPKAD), Zamroni mengatakan, sistem yang baru tersebut nantinya bisa mempermudah birokrasi keuangan, yaitu keuangan dari pemerintah pusat berupa ADD, DD dan DBH, yang disalurkan ke desa-desa.

“Sistem baru ini mempermudah pelaporan dan pengontrolan keuangan, yang mana sistem ini perpaduan tiga sistem sebelumnya,” ujar Zamroni saat ditemui Chanel Banten di ruang kerjanya.

Sesuai anjuran, sistem itu diterapkan agar tidak ada kebocoran data maupun keuangan. Sebagaimana yang terjadi dibeberapa desa. Untuk sistem ini bekerjasama dengan pihak Bank BJB,” pungkas Zamroni.

Kepala Desa (Kades) Citorek Kidul, Narta menyampaikan, dalam pelaksanaan sistem baru itu, pihak Desa hanya pelaksana. Sedangkan, untuk ketentuan-ketentuan yaitu dari pihak DPMD yang berperan aktif.

Baca juga: Bangunan Liar Marak, Aktivis Tuntut Pemkab Lebak Bertindak dan Tidak ‘Lengah’

“Kami selaku kepala desa hanya menjalankan dan melaksanakannya saja,” kata Narta yang akrab disapa Atok.

Pihaknya tentu akan melaksanakan dan mematuhi sistem tersebut. Bahkan, ia berpesan seluruh Kades tidak menyalah gunakan wewenangnya dari sistem yang ada.

“Rekan Kades, saya berharap agar lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas di Desa, harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

(Otang Sunarya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar