oleh

Aksi Damai PPWI di Mabes Polri ‘Ditolak’, Koordinator Aksi: Kami Kecewa

CHANEL BANTEN – Aksi unjukrasa sejumlah wartawan tergabung dalam Brigade aksi damai Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) di halaman Mabes Polri, Jakarta, ditolak pihak kepolisian, Senin 23 Mei 2022.

Hal itu karena, surat keterangan aksi tersebut tidak diterima oleh Mabes Polri, dan tidak ada rengiat untuk mengamankan aksi PPWI tersebut.

Baca juga: Diduga Terjerat Narkoba, 2 Oknum Hakim PN Rangkasbitung Ditangkap BNN

“Pihak Mabes Polri beralasan, bahwa surat laporan aksi di Mabes diterima oleh Mabes Polri dari Polda Metro Jaya,” ungkap koordinator aksi, Abdul Kabir, selaku Ketua PPWI Kabupaten Lebak.

Ia mengaku, sebelumnya Brigade aksi damai PPWI sudah berkirim surat kepada kepolisian Polda Metro Jaya, dengan tembusan kepada kepada Mabes Polri.

“Jujur kami kecewa, padahal surat pemberitahuan aksi dilayangkan kepada pihak kepolisian. Namun, setelah kami turun dilapangan ditolak oleh Mabes Polri. Tapi kami akan kembali lagi ke sini (Mabes Polri) melakukan aksi,” ujar Kabir.

Menurut Kabir, surat yang seharusnya sampai kepada Mabes Polri itu adalah intern instansi terkait, dan bukan urusan PPWI.

“Kekecewaan kami sangat luar biasa, karena kami tidak bisa menyampaikan aspirasi kami terkait Ketum kami yang saat ini masih ditahan di Kejaksaan Lampung Timur,” katanya.

Meski demikian, meski pihaknya tidak sampai berorasi menyampaikan aspirasi. Namun, sudah sampai di Mabes Polri. Artinya, PPWI itu ada.

“Kami inginkan kepolisian lebih proaktif dan presisi sesuai dengan program Kapolri dalam penegakan hukum di negeri ini,” ujarnya.

Baca juga: Hadiri Pelantikan Gabpeknas, Ketum Kadin Banten: Kita Bangun Sinergitas

Pihaknya mendesak agar Kapolres Lampung Timur dan Kapolda Lampung ditindak. Sebab, dinilai telah bertindak sewenang-wenang kepada jurnalis atau wartawan di Lampung Timur.

“Terlebih lagi kepada Ketum PPWI, Wilson Lalengke yang disangkakan dengan Pasal bukan jalurnya. Ketum PPWI hanya karangan bunga, yang notabene karangan bunga itu tidak ada yang rusak. Namun, Pasal yang disangkakan terlalu dipaksakan,” ucapnya.

Brigade aksi damai PPWI kemudian melanjutkan ke gedung DPR RI. Di gedung wakil rakyat itu, mereka diterima Ketua Komisi 1 DPD RI Fahrul Razi.

(Galuh Malpiana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *