oleh

Berada Diarea Lahan Milik PT KAI, Makam Bupati Ke-3 Lebak Dipindahkan

CHANEL BANTEN – Makam Bupati Lebak Ke-3 Prawira Nata Koesoemah, yang berada diarea Stasiun Rangkasbitung, Pasir Tariti akan dipindahkan ke tempat yang baru.

Prosesi pemindahan dilakukan, karena area makam tersebut berada di lahan milik PT KAI yang akan dilakukan perluasan stasiun.

Baca juga: Ketua Gapensi Lebak, Nabil: Pengusaha Harus Kembangkan Potensi, jangan Hanya Main Lokal

Pembongkaran sedianya akan dilaksanakan pada Selasa 17 Mei 2022. Namun, rencana itu berubah, karena tidak dihadiri pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Salah seorang warga setempat, Dahlan mengatakan, pembongkaran makam tersebut tidak disosialisasikan kepada masyarakat, bahkan tidak melalui musyawarah. Warga sempat protes dengan pembongkaran makam tersebut.

“Warga kecewa dengan keputusan pembongkaran makam itu, karena tidak disosialisasikan terlebih dulu,” kata Dahlan.

Warga juga mengaku memiliki makam kerabat yang di area tersebut, dan tidak diberi kesempatan untuk bertahlil di makam sebelum dipindah.

“Padahal, permintaan kami untuk bertahlil ini hanya satu hari,” lanjutnya.

Camat Rangkasbitung, Yadi mengaku hanya menjalankan tugas untuk mengawal proses pembongkaran makam tersebut.

Baca juga: KCD Dindik Banten Targetkan Takada lagi Sekolah Pilial di Lebak, 2023 Tuntas!

“Saya tidak bisa memberikan keputusan, bisa atau tidaknya tahlil di makam. Secara pribadi, saya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak terkait,” kata Yadi.

Prosesi hanya pembongkaran, memandikan dan mengkafani bagi tulang belulang mayat yang akan dipindahkan. Selanjutnya, Rabu 18 Mei 2022 pemindahan makam ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirna Raga.

“Untuk pemindahan makam dilaksanakan Rabu 18 Mei 2022,” pungkasnya.

(Otang Sunarya)

News Feed