oleh

Hadapi Ujian Sekolah April 2022, SKhN 01 Lebak ‘Gembleng’ Kesiapan Siswa

Gedung SKhN 01 Kabupaten Lebak.**
Foto: Otang Sunarya

CHANEL BANTEN – Sekolah Khusus Negeri (SKhN) 01 Kabupaten Lebak, pada April 2022 mendatang akan melaksanakan ujian sekolah.

Sebagai bentuk kesiapan, sekolah memberikan pembekalan pada siswa menjelang dilaksanakannya ujian tersebut.

Guru Bidang Kurikulum sekolah setempat,
Muhaemin mengatakan, ujian sekolah akan dilaksanakan pada April 2022 mendatang. Jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 4 (empat) orang, terdiri dari siswa Tunanetra 1 (satu) orang dan tunagrahita 3 (tiga) orang.

Baca juga: Demo di DPRD Lebak, Mahasiswa Tuntut Klarifikasi Soal Klaim JB Kiai dan Ulama Dukung Jokowi 3 Periode

“Menjelang pelaksanaan ujian, kita berikan pembekalan pada siswa agar mereka siap pada saat ujiannya nanti,” kata Muhaemin kepada Chanel Banten ditemui di sekolah tersebut di Jl. Dewi Sartika No 20 L Rangkasbitung, Jumat 8 April 2022.

Segala persiapan untuk ujian dengan berbagai kriteria, kata dia, misalnya Tuna Rungu, Tuna Netra, Tuna Wicara, Tuna Grahita, Tuna Daksa dan Autis, sudah dilakukan. Para edukator tentunya, akan berupaya agar hasil didik terhadap siswa memuaskan.

“Dengan ujian ini, kami para guru akan melihat hasil mutlak dari para siswa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk ujian kali ini dibagi pada beberapa kriteria, sesuai dengan ketunaannya. Misalnya Tuna Netra, itu akan diuji dengan cara Braile. Bagi yang mengalami kerusakan pendengaran, itu akan diuji dengan cara Sibi.

“Cara pengajarannya dilakukan sesuai dengan kriteria siswa yang mengalami ketunaannya. Tenaga pendidiknya juga adalah guru sesuai dibidangnya,” ujarnya.

Program di masing-masing ketunaan adalah, Tuna Netra menggunakan program orientasi mobilitas, Tuna Grahita adalah pengembangan diri, Tuna Rungu, bina komunikasi, persepsi, bunyi dan irama (BKPBI).

Raih Berbagai Prestasi
Muhaemin menambahkan, siswa SKhN 01 juga tak pernah absen dalam prestasi. Siswa banyak yang mengikuti beberapa perlombaan, diantaranya lomba catur, loba pramuka dan lomba-lamba lainnya.

Baca juga: Diprediksi Hingga Agustus, BPBD Lebak Imbau Warga Waspadai Massa Pancaroba

“Bahkan, untuk lomba catur dan pramuka siswa dari sekolah SKhN 01 pernah menjadi juara Nasional,” katanya.

Selain itu, sambung dia, beberapa siswa SKhN 01 juga pernah mengikuti lomba pramuka yang digelar di Bali dan menjadi juara. Menurutnya, hal itu menjadi bukti bahwa siswa di sekolahnya mampu menunjukkan prestasi, tak kalah dengan siswa sekolah pada umumnya.

“Saat ini jumlah siswa sebanyak 104 orang, dan hampir seluruh siswa memiliki keahlian khusus,” ucapnya.(*)

(Otang Sunarya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed