oleh

Kebangpol Lebak: Jumlah Ormas dan LSM Tercatat 443, yang Aktif hanya 83

CHANEL BANTEN – Badan kesejahteraan bangsa dan politik (Kesbangpol) Lebak, mengundang Organisasi masyarakat (Ormas) serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM ) di wilayah setempat, Kamis 24 Maret 2022. Acara tersebut, berlangsung di Aula Gedung Kesbangpol setempat.

Kepala Badan Kesbangpol Lebak, Sukanta mengatakan, pihaknya mengundang sekitar 40 Ormas dan LSM yang ada di Kabupaten Lebak. Pihaknya mengapresiasi hampir seluruh ormas yang diundang hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Silaturahmi dengan Menko Luhut, JB Sebut Lebak Akan Bangun Pengolahan Sampah Seluas 210 Hektare

“Acara ini kita gelar, selain untuk inventalisir jumlah Ormas dan LSM. Juga sebagai upaya menjalin sinergitas,” kata mantan Camat Malingping tersebut kepada Chanel Banten, belum lama ini.

Ia mengatakan, sejauh ini Ormas maupun LSM yang ada di Kabupaten Lebak tercatat berjumlah sekitar 443. Namun, berdasarkan hasil pantauan pihaknya, yang aktif hanya sekitar 83.

“Kita memang belum melakukan verifikasi ulang. Tetapi sejauh ini, yang aktif itu dari pantauan kami ada sekitar 83,” katanya.

Menurut dia, karena Ormas dan LSM merupakan binaan dari Kesbangpol, maka pihaknya akan melakukan inventalisir serta pendataan sebagai bentuk tertib administrasi.

“Kesbangpol akan menjalin sinergitas dengan para Ormas maupun LSM,” ujarnya.

Selain menjalin sinergitas, pihaknya juga menginginkan Ormas maupun LSM untuk bekerjasama dalam mengontrol program pemerintah, program tersebut bisa berbentuk infrastruktur, bidang kesehatan, dan pendidikan.

Baca juga: Motor Mogok Ternyata hanya Modus! Pelaku Begal di Lebak Rampas Motor Korban

“Lembaga yang bersifat kontrol sosial diharapkan bisa bekerjasama dalam bentuk pengawasan program yang diluncurakan oleh pemerintah itu sendiri, tentunya yang menggunakan anggaran APBD 1, APBD 2 ataupun anggaran APBN,” imbuh Sukanta.

Disamping membina LSM dan Ormas, Kesbangpol juga membina para kader Partai politik (Parpol). Secara kebetulan dua tahun kedepan akan digelar pesta demokrasi, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu)

(Otang Sunarya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar