oleh

Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Usia Dini, Simak Penjelasan Drg. Meutia Elda

CHANEL BANTEN – Rumah Sakit (RS) Kartini Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menggelar acara sharing and caring. Kegiatan berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi anak itu, dalam rangka menyambut HUT Ke-5 RS Kartini.

Acara berlangsung di SDN 2 Jati Mulya, di Jalan Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Senin 28 Maret 2022.

Pantauan awak media, sebelum acara berlangsung terlihat para panitia acara memberikan sedikit hiburan untuk anak-anak, dengan melakukan senam pinguin. Hal itu pun diikuti para siswa siswi kelas 2 SD secara antusias, kegembiraan pun terlihat diwajah mereka.

Baca juga: Kabupaten Lebak Miliki Pasar Digital Pertama di Banten, Ini Fungsi dan Keunggulannya

Acara tersebut menghadirkan langsung Drg. Hj. Meutia Elda selaku Direktur RS Kartini Rangkasbitung, sebagai narasumber yang memberikan beberapa penjelasan tentang kesehatan gigi dan mulut.

Dalam kesempatan itu, Ia menjelaskan, gigi susu mulai tumbuh sejak umur 6 bulan, dan mulai lengkap pada usia 2 tahun. Gigi susu ada 3 macam yaitu gigi seri berjumlah 8, (4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah), berfungsi untuk memotong makanan, gigi taring berjumlah 4, yaitu 2 gigi tarik atas dan 2 gigi taring bawah yang berfungsi untuk merobek makanan.

“Sedangkan gigi geraham berjumlah 8, 4 gigi geraham bawah dan 4 gigi geraham atas yang berfungsi untuk mengunyah,” kata Drg. Meutia Elda.

Pada kesempatan itu, Ia juga menerangkan terkait pelayanan-pelayanan yang ada di RS Kartini yang dapat menjadi refrensi untuk pengobatan.

RS Kartini Rangkasbitung, sendiri, kata dia, memiliki poly yang begitu lengkap dan peralatan yang lebih modern, salah satunya poly gigi.

“Kami siap melayani sepenuh hati sesuai dengan motto kami untuk para pasien yang melakukan pengobatan di RS Kartini. Bagi para adik-adik atau bapak ibu guru, apabila ingin mendapatkan penanganan gigi RS Kartini bisa menjadi rujukan,’’ tuturnya.

Baca juga: MTQ Tingkat Kabupaten Lebak Resmi Dibuka, 612 Khafilah Siap Bertanding

Menurut dia, pentingnya pengetahuan sejak dini untuk anak, terkait kesehatan gigi dan mulut. Karenannya, menjelang HUT RS Kartini ini, pihaknya menyelenggarakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut bagi anak.

Sementara itu, Kepala sekolah SDN 2 Jatimulya, Popon Suryani, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan RS Kartini tentang kesehatan gigi dan mulut bagi anak

“Terim akasih saya ucapkan kepada RS Kartini, yang sudah berkenan, berbagi ilmu pengetahuan kepada kami. Mudah-mudahan kedepan RS Kartini Rangkasbitung semakin maju, serta terus dapat terasa bagi masyarakat Lebak,” katanya.

(Cecep M. Casmadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed