oleh

Tuntut Tindak Perusahaan Buang Limbah Sembarangan, LSM FLB Demo DLH Lebak

CHANEL BANTEN – Sejumlah aktivis tergabung dalam Forum Lembaga Bersatu (FLB) melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kamis, 17 Februari 2022.

Dalam aksi itu, pengunjukrasa meminta DLH bertindak tergas terhadap perusahaan yang melanggar aturan pengolahan limbah kimia atau B3.

Baca juga: Kasus Suspek Omicorn Ditemukan di Lebak, Dua Warga Terjangkit

“Kami minta DLH sebagai liding sektor soal perizinan limbah, bisa tegas menindak perusahaan yang melanggar aturan,” kata koordinator aksi, Agus Laga Timor Riko dalam orasinya.

Ia menyebut, menemukan salah satu indikasi adanya salah satu perusahaan di Kabupaten Lebak, yaitu PT. Bitung Guna Sejahtera (BGS) yang melanggar aturan. Dimana, perusahaan itu berada diwilayah permukiman masyarakat.

“Lokasinya juga berada dibantaran sungai Ciujung. Ini sangat mengganggu, karena menimbulkan bau yang tidak sedap,” katanya.

Baca juga: Dampak Limbah Tambang Pasir di Cimarga, Pemkab Lebak Didesak Normalisasi Sungai

Selain itu, perusahaan PT BGS juga tidak memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Sehingga, pembuangan air limbah tersebut dibuang langsung ke sungai Ciujung.

“Kami mendesak DLH bertindak tegas, dengan mencabut izin lingkungan perusahaan itu,” katanya.

Pihaknya akan terus mengawal langkah DLH dalam menindaklanjuti tuntutannya agar menindak perusahaan yang melanggar aturan.

“Kita akan kawal terus. Pekan depan kita akan kembali melakukan aksi unjukrasa lanjutan,” katanya.

(Otang Sunarya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar