oleh

Melihat Potensi Sungai Ciliman Dilirik Jadi Objek Wisata Arung Jeram

CHANEL BANTEN – Kondisi sungai Ciliman di Kampung Cariu, Desa Kadomas, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, saat ini tengah dilirik menjadi objek wisata arung jeram.

Itu karena, selain memiliki arus yang cocok, sungai Ciliman ditopang dengan keindahan alamnya.

Ide itu muncul dari inisiatif Kepala desa (Kades) setempat, Atang. Sebagai langkah persiapan, pihak desa tengah melakukan penataan dan pembangunan di objek wisata tersebut.

Baca juga: Intip Taman Wisata Edukasi DLH Kota Tangerang, Pengunjung Bisa Ikut Bercocok Tanam

“Kita merencanakan akan menata dan membangun objek wisata di lahan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) dengan luas area 1.5 haektare,” katanya Atang kepada Chanel Banten, Jumat 28 Januari 2022.

Ia menjelaskan, kawasan objek wisata itu meliputi air terjun Curug Agung dan arum jeram. Bahkan, ada pula argo bisnis di bidang pertanian.

“Sebagai tempat wisata, maka nanti akan dilengkapi fasilitas standar seperti objek wisata seperti di daerah lain,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Desa Kadodamas membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Terutama masyarakat Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak.

“Kita ingin memperbaiki wajah Desa Kadodamas, salah satunya dengan membangun kawasan air terjun Curug agung, arum jeram sebagai tempat objek wisata tentu kita perlu dukungan semua pihak,” ujarnya.

Baca juga: Taman Wisata Bukit Ranca Hideung Tawarkan Keindahan Alam dan Spot Instagramable

Sementara itu, Ubri selalu LPM Desa Kadomas sangat mendukung program untuk menata dan membangun kawasan objek wisata di desanya sebagai lokasi wisata.

“Air terjun Curug agung dan arum jeram cukup strategis untuk objek wisata, otomatis ekonomi masyarakat desa Kadodamas akan terbantu,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya objek wisata di sana, akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bidang pariwisata.

“Insyaallah seluruh masyarakat desa Kadodamas sangat mendukung program ini, karena mereka ingin adanya perubahan pungkasnya.

(Cecep M. Casmadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed